spot_img
spot_img

100 Persen Taktikal dan Fisik

MALANG POSCO MEDIA, MALANG – Arema FC telah menjalani latihan mulai Rabu (21/9) sore kemarin. Setelah mendapatkan jatah libur tiga hari, Dedik Setiawan dkk kini siap digenjot fisik selama pekan ini. Sebelum fokus pada persiapan menghadapi Persebaya Surabaya di pekan depan.

Hampir seluruh pemain Arema FC sudah mengikuti latihan di Stadion Dirgantara Abd Saleh, Pakis, kemarin. Hanya Hasyim Kipuw yang masih pulang ke Makassar dan Arkhan Fikri yang belum hadir. Keduanya baru bisa bergabung Kamis (22/9) hari ini.

Latihan kemarin pun pemain tak sekadar memulihkan kondisi. Menu seperti peningkatan fisik dan pemahaman taktikal juga diberikan Pelatih Javier Roca. “Latihan itu meliputi semua dan hampir semuanya diberikan 100 persen. Taktikal dan fisik. Besok lebih ke prinsip permainan yang lebih besar,” ujar Pelatih Arema FC Javier Roca.

Berita Lainnya:  Tetap Kencang Usut Tuntas!

Javier Roca tampaknya ingin menaikkan level latihan tim bertahap. Kemarin, saat sesi games pun hanya menggunakan setengah lapangan. Menurutnya, meskipun dengan taktikal games, latihan tersebut bisa meningkatkan fisik pemain. Namun, latihan tersebut juga meningkatkan kemampuan skill. Baik pressing hingga passing.

Selain itu, cara dia menaikkan kondisi pemain bisa dilihat dengan jadwal di pekan ini. Menurut Roca, timnya bakal digenjot dengan dua kali latihan dalam sehari, Kamis (22/9) hari ini dan Sabtu (24/9) lusa. Tujuannya, tentu untuk meningkatkan kondisi fisik yang terlihat kedodoran dalam beberapa laga terakhir.

Mantan pelatih Persik Kediri ini berhitung, pekan ini bakal meningkatkan fisik dan pekan berikutnya fokus pertandingan. “Sebelum lawan Persebaya, empat hari ini kondisi (fisik) pemain dinaikkan dengan cara kami, dari Rabu sampai Sabtu. Minggu ada rest tapi kami tes kinetik pemain. Senin sudah persiapan full untuk kompetisi,” tambahnya.

Berita Lainnya:  Aremania Jodipan, Mergosono dan Kotalama, Long March dan Blokade Flyover Tuntut Keadilan

Karena jadwal latihan yang berat tersebut, Javier Roca mau kondisi pemainnya benar-benar fit. Ia memastikan kondisi siapa-siapa saja yang tidak ideal secara fisik karena faktor cedera atau kesehatan, diminta untuk menepi dan memulihkan diri.

“Pelatih meminta pemain yang benar-benar sudah pulih, baru kembali latihan ke tim utama. Sebab, latihan pekan ini bakal berat untuk fisik pemain,” kata Fisioterapis Arema FC Reta Arroyan. (ley/bua)



BERITA LAINNYA