Malang Posco Media– Malang- PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daerah Operasi 8 Surabaya mencatat volume pelanggan di Stasiun Malang terus meningkat. Terbukti selama tiga hari saja, yakni Jumat (28/2) hingga Minggu (2/3), total sebanyak 12.028 penumpang akan menggunakan layanan kereta api jarak jauh (KA JJ).

Adapun jumlah yang akan berangkat dari Stasiun Kotabaru Malang sebanyak 6.818 orang, dan penumpang yang turun sebanyak 5.210 orang penumpang.
Manager Humas KAI Daop 8 Surabaya, Luqman Arif, mengungkapkan bahwa masyarakat memang memiliki kebiasaan pulang kampung menjelang Ramadhan atau “munggahan”, dan cenderung ingin melaksanakan ibadah puasa pertama bersama keluarga di kampung halaman, sehingga permintaan perjalanan dengan kereta api meningkat.
“KAI akan terus berkomitmen memberikan layanan terbaik bagi pelanggan dengan memastikan kesiapan operasional, peningkatan fasilitas, serta penerapan berbagai inovasi guna meningkatkan kenyamanan perjalanan,” ucapnya.
Diungkapkan, data pelanggan di Stasiun Kotabaru Malang periode Jumat (28/2) hingga Minggu (2/3) yang diambil pada Sabtu (1/3) pukul 09.00 WIB :
Jumat (28/2)
Naik : 3.615 penumpang
Turun : 2.097 penumpang
Sabtu (1/3)
Naik : 1.866 penumpang
Turun : 1.957 penumpang
Minggu (2/3)
Naik : 1.337 penumpang
Turun : 1.156 penumpang
“Para penumpang didominasi dengan KA tujuan Yogyakarta, Jakarta, Bandung dan Ketapang,” jelasnya.
Luqman menjelaskan, untuk mengakomodasi tingginya minat masyarakat, KAI telah menyiapkan berbagai langkah strategis, seperti beroperasinya KA fakultatif setiap akhir pekan, peningkatan layanan digital, serta penerapan program keberlanjutan guna menciptakan pengalaman perjalanan yang lebih ramah lingkungan.
Pada setiap akhir pekan, KAI Daop 8 Surabaya mengoperasikan 1 KA lokal fakultatif, yakni : KA Arjuno Ekspres relasi Malang – Surabaya Gubeng.
Bagi calon penumpang yang akan melakukan perjalanan selama periode bulan Ramadan, diimbau untuk merencanakan perjalanan lebih awal dan memanfaatkan sistem pemesanan tiket yang tersedia hingga 45 hari sebelum keberangkatan melalui aplikasi Access by KAI, situs web kai.id, serta berbagai mitra resmi penjualan tiket.
“KAI terus mengimbau pelanggan untuk memanfaatkan berbagai fitur layanan digital yang telah disediakan untuk kemudahan perjalanan, termasuk pemesanan tiket secara online serta layanan check-in dengan sistem _face recognition boarding gate,” pungkas Luqman. (ica/nug)