spot_img
Saturday, July 20, 2024
spot_img

169 Pecatur Berebut Piala Pj Wali Kota Malang, Persiapan Jelang Porprov IX Tahun Depan

Berita Lainnya

Berita Terbaru

MALANG POSCO MEDIA – Kejurkot Catur memperebutkan Piala Pj Wali Kota Malang yang bertempat di Aula SMPN 2 Malang resmi dimulai, Sabtu (15/6). Sebanyak 169 pecatur dari beragam usia bertanding selama dua hari hingga Minggu (16/6) besok.

Kejurkot Catur ini dibuka langsung oleh Pj Wali Kota Malang Wahyu Hidayat. Tampak ratusan masyarakat juga antusias menyaksikan jalannya kejuaraan ini.

- Advertisement -

“Kejuaraan ini diikuti pesertan dari usia 7 tahun, walau ada yang usia 5 tahun juga, ini sampai usia 19 tahun. Rata rata usia dini, yang memang akan bisa kami bina untuk menjadi atlet catur yang lebih baik. Memang kami ingin menggali potensi yang dimiliki, yang nanti akan menjadi atlet atlet yang bisa mewakili Kota Malang,” jelas Wahyu.

Menurut Wahyu, Kejurkot Catur ini menjadi kesempatan yang bagus untuk persiapan bagi Percasi (Persatuan Catur Seluruh Indonesia) menjaring atlet atlet terbaik menyongsong ajang Porprov tahun 2025 di Malang mendatang. Ia pun berpesan kepada seluruh peserta atau atlet catur ini agar aktif mengikuti berbagai kejuaraan seperti Kejurkot Catur ini. Sehingga kedepan terbentuk atlet atlet berprestasi dari cabor catur.

“Mereka ada yang otodidak, ada yang dibina, saya harapkan nanti banyak mengikuti kejuaraan seperti ini untuk mengasah kemampuan mereka. Semakin banyak mengikuti kejuaraan, semakin terasah kemampuannya sebagai atlet catur,” pesan dia.

Sementara itu, Ketua Percasi Kota Malang Budi Sucahyo bersyukur Kejurkot Catur ini berlangsung sukses dan lancar karena diikuti antusias besar dari masyarakat. Kesuksesan ini berkat dukungan dan kerjasama dari sejumlah dinas terkait, yakni Dinas Pendidikan dan Kebudayaan dan Dinas Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata Kota Malang.

Kejurkot Catur ini juga momen yang pas untuk menyongsong Kejurprov Catur bulan Juli mendatang. Termasuk juga untuk menyiapkan Porprov IX di Malang Raya tahun 2025 depan.

“Alhamdulillah kami sudah berlatih, ada dua atlet Kota Malang yang mengikuti puslatda. Juga ada dari tiga atlet kita itu juara Asian. Atas nama Nayaka Budi Darma, Arjuna Satria Pamungkas, dan Pratama Kevin. Target Porprov insya Allah tidak muluk-muluk, target tetap dua medali emas, syukur-syukur bisa dapat empat medali emas,” tutup dia. (ian/nug)

- Advertisement -spot_img

Berita Lainnya

Berita Terbaru

- Advertisement -spot_img