spot_img
Saturday, June 22, 2024
spot_img

171 KPPS Dilantik, Tugas Awal Pemutrakhiran Data

Berita Lainnya

Berita Terbaru

MALANG POSCO MEDIA, MALANG- Sebanyak 171 anggota Panitia Pemungutan Suara (PPS) untuk Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Malang Tahun 2024 resmi dilantik, Minggu (26/5) kemarin di Harris Hotel and Conventions Malang.

Usai dilantik, mereka akan langsung ditugaskan untuk melakukan pemutakhiran data. Ini disampaikan Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Malang Aminah Asminingtyas usai memimpin prosesi pelantikan dan pengambilan sumpah anggota PPS.

“Yang akan dilakukan dalam waktu dekat adalah membantu tugas KPU dalam penyelenggaraan Pilkada Kota Malang. Dengan melakukan pemutakhiran data pemilih di Pilkada Kota Malang tahun ini,” tegas Aminah.

Dikatakannya 171 anggota PPS ini tersebar di seluruh kelurahan yang ada di Kota Malang. Masing-masing kelurahan ada tiga anggota PPS yang ditugaskan.

Selain melakukan pemutakhiran data pemilih, PPS juga ditugaskan untuk melakukan pemetaan TPS (Tempat Pemungutan Suara). Ini menjadi tugas yang penting karena PPS yang terpilih dipercaya karena mengetahui wilayahnya masing-masing.

“Selain pemutakhiran data pemilih dan pemetaan TPS, mereka juga akan bertugas melakukan verifikasi faktual,” tambah Aminah.

Verifikasi faktual ini dilakukan untuk memastikan data dukungan untuk bakal pasangan calon dari jalur perseorangan. KPU Kota Malang akan menugaskan PPS untuk melakukan verifikasi data dukungan itu secara faktual.

Masa kerja PPS untuk Pilkada Kota Malang 2024 ini adalah delapan bulan. Sejak kemarin hingga nanti habis masa kerjanya pada Januari 2025 mendatang.

“Harapannya bisa langsung bertugas dengan integritas tinggi. Dan menjalankan tugas sesuai wewenang dan aturan perundang-undangan yang ada,” pungkas Aminah. (ica/jon)

spot_img

Berita Lainnya

Berita Terbaru

- Advertisement -spot_img