MALANG POSCO MEDIA, MALANG — TK Nur Rokhmat Kebonsari Malang mulai menerapkan Proyek Sekolah Riset (ProSeRis) sebagai pendekatan pembelajaran untuk menumbuhkan rasa ingin tahu anak sejak usia dini. ProSeRis menjadi inovasi pendidikan yang mengajak anak aktif mengeksplorasi lingkungan sekitar melalui observasi, eksperimen sederhana, dan komunikasi hasil.
“Di TK, riset bukan berarti sesuatu yang berat. Justru kami mengajak anak-anak bermain sambil belajar. Anak diajak bertanya, mengamati, dan menemukan sendiri jawabannya. Ini menumbuhkan rasa percaya diri dan membentuk pola pikir ilmiah sejak dini,” ujar Kepala TK Nur Rokhmat, Hanik Ursidah, Jumat, (20/6)
Dalam pelaksanaannya, ProSeRis dimulai dari pemilihan topik berdasarkan minat anak. Misalnya, anak tertarik pada binatang peliharaan, warna, tanaman, atau fenomena alam seperti pelangi. Guru kemudian memfasilitasi perencanaan proyek bersama anak, menentukan bahan, serta menyusun aktivitas yang menyenangkan dan edukatif.
Kegiatan inti ProSeRis meliputi observasi langsung, eksperimen sederhana, hingga kunjungan lapangan. Anak diajak membuat dokumentasi berupa gambar, foto, atau cerita sederhana. Hasil proyek kemudian ditampilkan dalam bentuk buku mini, poster, atau pameran kelas. Tak hanya itu, anak-anak juga diberi kesempatan melakukan presentasi mini kepada teman atau orang tua.
“Misalnya, saat tema ‘Pelangi’, anak-anak kami ajak bereksperimen menggunakan cahaya dan air, membuat pelangi dari CD bekas. Mereka sangat antusias. Di akhir proyek, mereka menggambar pelangi dan bercerita kepada orang tua saat pameran kecil di kelas,” jelas Hanik.
ProSeRis juga melibatkan orang tua secara aktif. Seperti menyediakan bahan di rumah, membaca buku terkait proyek, dan hadir dalam kegiatan sekolah. Menurut Hanik, sinergi antara guru, anak, dan orang tua adalah kunci keberhasilan pendekatan ini.
“Melalui ProSeRis, kami ingin membentuk anak menjadi penanya aktif, berani menyampaikan pendapat, dan senang belajar. Ini adalah pondasi penting dalam pendidikan masa depan,” pungkasnya.(hud/lim)