spot_img
Saturday, July 13, 2024
spot_img

7 Destinasi Wisata Cantik Nusa Penida Bali

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Malang Posco Media – Berkunjung ke Bali memang tidak lengkap jika tidak menyambangi destinasi wisata pantainya. Jika anda berkesempatan pergi ke Pulau Dewata, anda bisa mencoba mencari suasana baru dengan pergi ke Nusa Penida.

Nusa Penida juga menawarkan pemandangan alam dan deretan pantai yang sangat memesona. Dengan luas mencapai 202 kilometer persegi, salah satu dari tiga pulau kecil paling terkenal di bagian tenggara Bali ini, punya kondisi geografis yang lumayan unik.

Berikut tujuh tempat wisata dengan pemandangan cantik yang bisa dikunjungi, seperti tertulis dalam keterangan pegipegi com, Kamis (23/3).

1. Pantai Kelingking

Usai terpilih menjadi ‘Top 16 Pantai Terbaik di Dunia 2023’, Pantai Kelingking memang menawarkan “sesuatu yang menarik” kepada para wisatawan. Pantai ini kerap disebut sebagai salah satu hidden gem yang ada di Nusa Penida.

Di Pantai Kelingking, terdapat lekukan tebing karang unik yang mirip leher Tyrannosaurus Rex (T-Rex) yang menjorok ke pantai.

Pantai ini memiliki titik menyelam populer bernama Manta Point. Di sana, anda bisa menyelam ke bawah laut dan melihat kecantikan ikan Manta (ikan pari terbesar di dunia) sekaligus berenang bebas bersamanya.

2. Bukit Molenteng

Bukit Molenteng menawarkan keindahan gugusan pulau batu karang yang disebut Pulau Seribu Nusa Penida dengan leluasa. Laut biru, pasir putih, dan batuan karang yang dibalut pepohonan hijau tersaji cantik di depan mata.

Bukit ini juga sering disebut sebagai Raja Ampat khas Bali. Jika berkunjung ke sini, disarankan datang pada pagi dan sore hari lantaran Bukit Moleteng cocok untuk berburu matahari terbit dan terbenam dengan latar belakang lautan lepas yang mengesankan.

3. Pantai Atuh

Pantai Atuh juga kerap disebut Raja Ampat-nya Bali. Di pantai ini, anda dapat menemukan empat gugusan pulau karang yang memukau di antaranya; Pulau Batu Melawang, Pulau Batu Paon, Pulau Batu Abah, dan Pulau Bukit Jineng.

Menariknya, setiap pulau karang ini punya karakter yang berbeda. Ada yang dibalut dengan hamparan hutan hijau hingga pulau yang memiliki batu karang tajam. Namun, ada satu keunikan dari Pantai Atuh yang selalu diincar oleh turis lokal maupun mancanegara, yaitu adanya keberadaan Batu Bolong, sebuah bongkahan karang besar yang bolong di tengahnya.

4. Broken Beach

Broken Beach atau disebut Pantai Pasih Uug oleh warga setempat berada di bagian barat Nusa Penida. Dalam bahasa Bali, pasih uug artinya pantai yang rusak. Menariknya, pantai ini menawarkan kerusakan yang justru istimewa. Bahkan, pemandangannya disebut-sebut mirip dengan tempat wisata yang ada di Selandia Baru.

Broken Beach sendiri dikelilingi perbukitan hijau di satu sisi dan birunya air laut di sisi lain. Lokasinya yang jauh dari pemukiman penduduk membuat pantai ini memiliki suasana yang lebih tenang. Keunikan lainnya adalah batu karang besar dengan sebuah lubang seperti gua, yang seolah menjadi pintu masuk air laut.

5. Bukit Teletubbies

Bukit Teletubbies menyuguhkan pesona alam yang eksotis dan Instagramable. Bukit-bukit kapur yang mendominasi membuat padang rumput tumbuh dengan subur. Hasilnya, permukaan bukit ditutupi dengan padang rumput nan cantik.

Selain sebagai destinasi wisata bukit, Bukit Teletubbies ini sering dijadikan lokasi bagi calon pengantin untuk berfoto. Terlebih lagi, latar bukitnya yang indah kerap dipilih sebagai titik foto favorit oleh para wisatawan.

6. Crystal Bay

Sesuai dengan namanya, Crystal Bay memiliki air laut yang bening layaknya kristal. Berjarak sekitar 15 kilometer dari Pelabuhan Nusa Penida, tempat wisata satu ini hadir dengan hamparan pasir yang sangat luas dengan garis pantai mencapai satu kilometer.

Crystal Bay terlihat makin indah karena dikelilingi gugusan atol kecil serta bukit hijau yang menyegarkan pandangan. Berkunjung ke sini, wisatawan bisa merasakan suasana yang sangat tenang karena pantai ini terbilang masih sepi.

7. Gua Giri Putri

Saat berkunjung ke Nusa Penida, jangan lupa mampir ke Gua Giri Putri. Berada di ketinggian 150 meter di atas permukaan laut dan panjang sekitar 310 meter, gua yang juga merupakan pura ini menjadi tempat para wisatawan yang penasaran tentang ritual keagamaan yang dilakukan serta suasana sakral di dalamnya.

Selain sebagai tempat beribadah, umat Hindu percaya air yang mengalir dari sumber mata air di sini mengandung kekuatan alami yang dapat menyembuhkan penyakit.

Jika berkunjung ke Nusa Penida dari Bali, anda bisa melakukan perjalanan melalui Pelabuhan Sanur dengan fast boat yang memakan waktu sekitar 40 menit. Sedangkan dari Pantai Kusamba, biasanya memakan waktu sekitar 30 menit.(ntr/mpm)

spot_img

Berita Lainnya

Berita Terbaru

- Advertisement -spot_img