spot_img
Sunday, February 25, 2024
spot_img

840.285 Surat Suara Bergeser ke TPS Sehari Sebelum Pencoblosan 

Berita Lainnya

Berita Terbaru

MALANG POSCO MEDIA, KOTA BATU – Pergeseran logistik Pemilu 2024 di Kota Batu mulai dilakukan dari Kantor KPU menuju 611 TPS dimulai pada Selasa (13/2) atau sehari sebelum pelaksanaan pencoblosan. Berdasarkan pantauan di Kantor KPU Kota Batu kemarin, seluruh logistik tersebut sudah siap didistribusikan. Terlihat juga kepolisian berjaga-jaga di sana.

Data rincian logistik disebutkan oleh Ketua KPU Kota Batu, Heru Joko Purwanto saat ditemui membeberkan terdapat 3.055 kotak suara dan 840.285 surat suara. Logistik lainnya seperti alat coblos berupa paku jumlahnya 2.444. Jumlah paku ini sama jumlahnya dengan bilik suara (tempat pencoblosan). Sedangkan, tanda pengenal KPPS jumlahnya 22.607.

Bantalan alat coblos Jumlahnya 2.444 dan tinta sebanyak 1.222. Sedangkan, karet yang berfungsi mengikat kebutuhan di TPS nantinya menggunakan karet gelang jumlahnya 383.700. “Kalau Bolpoin standar jumlahnya 4.532. Spidol kecil hitam berjumlah 7.383. Kantong plastik ukuran sedang berjumlah 611 dan kantong plastik ukuran kecil jumlahnya 1.290,” urai Heru.

Dijelaskan dia, setiap kotak logistik memiliki barcode. Ini guna mengetahui keberadaan logistik nantinya bila telah didistribusikan. Sementara itu, untuk mengantisipasi cuaca buruk, lanjut Heru, pihaknya sudah menyiapkan pengamanan untuk logistik agar tetap terjaga dan aman.

“Kami memastikan sehari sebelum pemilihan logistik sudah selesai didistribusikan ke seluruh TPS. Untuk mengantisipasi cuaca buruk seperti hujan, kami lakukan pengamanan standar menggunakan double terpal milik TNI AD di setiap truk dan setiap kotak dimiliki pengamanan ganda dengan dibungkus plastik,” paparnya.

Di berita sebelumnya, Heru membeberkan bila telah menyiapkan 10 unit truk dan 60 unit mobil pick up guna melakukan pendistribusian di 611 TPS yang ada di Kota Batu. Sementara itu, dari seluruh akses menuju TPS disebutnya terjangkau dengan baik. Pendistribusian logistik sendiri bisa terselesaikan satu hari.

“Distribusi logistik kami laksanakan satu hari, sekali jalan menggunakan truk dan pick up. Karena wilayah desa atau kelurahan di Kota Batu jangkauannya maksimal 30 menit sudah sampai dan tidak ada sulit dijangkau,” kata Heru. (den/eri)

spot_img

Berita Lainnya

Berita Terbaru

- Advertisement -spot_img