spot_img
Friday, October 18, 2024
spot_img

Siswa Wajib Miliki Akun LTMPT

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Hari Ini Jalur SNMPTN Dimulai

NEW MALANG POS, MALANG – Senin (14/2) hari ini merupakan hari pertama pendaftaran Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN). Ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi untuk dapat mendaftar SNMPTN. Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) sudah menetapkan aturan tersebut, dan sudah dilakukan sosialisasi secara nasional. 

- Advertisement -

Pertama yang perlu disiapkan untuk pendaftaran SNMPTN adalah calon mahasiswa baru (Camaba) harus menyiapkan seluruh berkas pendaftaran. Seperti Registrasi Akun LTMPT Sekolah dan Registrasi Akun LTMPT Siswa. Selanjutnya siswa dapat masuk ke laman portal.ltmpt.ac.id, pilih menu “Daftar di Sini,”, lalu klik menu sekolah. Selanjutnya peserta dapat memasukan NISN dan registrasi Dapodik.

Berikutnya, siswa memasukan nama kepala sekolah atau operator sekolah, tanggal lahir, email aktif dan password dan pilih daftar. Setelah daftar, akan muncul pemberitahuan registrasi dan aktivasi akun LTMPT. LTMPT akan mengirimkan email aktivasi dan verifikasi email yang didaftarkan.

Setelah aktif, peserta dapat kembali masuk ke laman https://portal.ltmpt.ac.id/. Siswa menyiapkan Nomor Induk Siswa Nasional (NISN), Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN), Nomor Induk Kependudukan (NIK) KTP, Pas foto ukuran 4×6 dengan latar biru atau merah.

Selanjutnya, siswa dapat membuka laman www.portal.ltmpt.ac.id, kemudian klik menu “Siswa”, isi NISN, Tanggal Lahir, masukan email dan password yang akan digunakan untuk login. Lalu klik “Daftar” dan akan muncul notifikasi untuk aktivasi akun.

Nantinya, siswa dapat membuka email masing-masing untuk mengaktivasi akun dengan klik tautan pada email aktivasi. Jika akun telah aktif, lakukan login kembali ke laman www.portal.ltmpt.ac.id. Pilih “Verifikasi Siswa” pada dashboard utama laman Portal LTMPT.

Sementara itu Universitas Brawijaya (UB) juga telah melakukan sosialisasi terkait menjaring mahasiswa baru. Hal tersebut disampaikan oleh Kasubag Humas dan Kearsipan UB Kotok Gurito, S.E. “Selama ini kita sudah melakukan berbagai sosialisasi untuk menjaring mahasiswa. Baik untuk jalur SNMPTN, SBMPTN, dan Jalur Mandiri,” katanya. 

Tahun ini UB menentukan minimal 20 persen untuk kuota mahasiswa baru dari jalur SNMPTN. Ia menjelaskan jika kuota yang disediakan sesuai dengan LTMPT. Sementara SBMPTN 30 persen dan Jalur Mandiri 50 persen. “Kalau kuota UB SNMPTN sesuai ketentuan hanya 1000 mahasiswa atau sekitar 20 persen,” ungkapnya. 

Disisi lain, ada persyaratan sekolah yang harus dipenuhi. Diantaranya siswa SMA/MA/SMK kelas 12 yang mempunyai NISN serta mengisi Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS). Kemudian untuk persyaratan siswa adalah memiliki prestasi akademik dan memenuhi persyaratan yang ditentukan oleh masing-masing PTN.

Mempunyai NISN dan terdaftar di PDSS, mencantumkan nilai rapor dari semester 1 hingga 5 yang telah diisikan di PDSS. Bagi Camaba yang memilih program studi seni dan olahraga wajib mengunggah portofolio. (mda/imm)

- Advertisement -
spot_img
spot_img

Berita Lainnya

Berita Terbaru

- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img