spot_img
Friday, September 20, 2024
spot_img

SMK PIM Latih SMPN 12 Buat Produk Kewirausahaan

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Malang Posco Media – SMK Putra Indonesia Malang (PIM) di Jalan Barito 5 Kota Malang memberi pelatihan produk sabun cuci tangan dari bahan lidah buaya untuk perwakilan guru dan para siswa SMPN 12 Malang, Selasa (8/2).

Pelatihan ini berawal dari pengajuan kerjasama SMPN 12 dengan SMK PIM untuk memberikan pelatihan produk, mendukung program kewirausahaan Adiwiyata. Hal ini diungkapkan Waka Humas SMPN 12 Malang, Agung Nugroho, S.Pd.

“SMPN 12 Malang merupakan sekolah Adiwiyata, peduli lingkungan sehat, bersih serta lingkungan yang indah. Salah satu programnya, sekolah harus mampu mewujudkan kewirausahan Adiwiyata,” kata Agung, sapaannya.

“Kami mencoba berkunjung dan lalu mengajukan kerjasama pelatihan kewirausahaan ke SMK PIM. Hasilnya SMK PIM merespons positif,” terangnya lagi. Agung menyampaikan bahwa di lingkungan sekolahnya juga banyak tumbuh lidah buaya.

Sebab itu, timnya ingin mempunyai satu produk unggulan kewirausahan Adiwiyata. SMK PIM memberikan satu ide produk unggulan yaitu sabun cuci tangan yang terbuat dari bahan lidah buaya.

Guru dan siswa SMPN 12 melakukan ujicoba pembuatan sabun cuci tangan lidah buaya di SMK yang mempunyai tagline Touch Your Future. Mereka diajari proses pembuatan produk sabun mulai dari pengambilan sari lidah buaya hingga diaplikasikan pada sabun cuci tangan.

“Bagi saya kegiatan ini menjadi hal baru dan menarik. Memanfaatkan lidah buaya di lingkungan sekolah menjadi satu produk sabun cuci tangan. Hal yang sangat menarik bagi kami,” kata guru Seni Budaya SMPN 12 Malang, Rio Christiawan, S.Pd.

Dia juga sangat berkesan dengan pelatihan pembuatan produk tersebut, sehingga produk ini dapat benar – benar diproduksi di SMPN 12 sebagai produk unggulan minimal digunakan oleh warga lingkungan sekolah. (mar)

- Advertisement -spot_img

Berita Lainnya

Berita Terbaru

- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img