spot_img
Friday, October 18, 2024
spot_img

Akses Perpustakaan Umum Cukup Satu Klik

Berita Lainnya

Berita Terbaru

MALANG POSCO MEDIA, MALANG – Perpustakaan Umum Kota Malang masih menjadi jujugan masyarakat untuk mendapatkan literasi yang dibutuhkan. Di tengah berbagai keterbatasan selama pandemi, Perpustakaan Umum dan Arsip Daerah Kota Malang berupaya merambah ke digitalisasi dengan menyediakan aplikasi E-Mobilib.

Dengan layanan itu, nantinya masyarakat dapat dengan mudah untuk mengakses bahan-bahan literasi, seperti peminjaman buku, pengantaran buku, membaca buku hingga mencari koleksi buku.

- Advertisement -

“Semua bisa diakses, misal pinjam buku, daftar keanggotaan juga bisa, dan lainnya,” jelas Plt Kepala Perpustakaan Umum dan Kearsipan Daerah Kota Malang Suwarjana kepada Malang Posco Media di Balai Kota Malang, kemarin.

Ia mencontohkan, untuk peminjaman buku, masyarakat tidak perlu jauh-jauh datang ke perpustakaan. Namun cukup memanfaatkan layanan Datang Antarkan Buku (DRAB). Layanan itu pun merupakan fitur yang disediakan di dalam aplikasi M-Mobilib tersebut. Sehingga setelah memutuskan untuk meminjam buku melalui aplikasi itu, selanjutnya buku akan diantarkan sesuai dengan alamat yang dimasukkan.

“Itu merupakan fitur yang disediakan dalam aplikasi M-Mobilib. Namun untuk pelayanan ini hanya untuk warga Kota Malang,” terangnya.

Meski ada layanan digital itu, Suwarjana tetap berharap agar layanan Perpustakaan Kota Malang juga dapat segera dibuka. Sejak Februari lalu, Perpustakaan Kota Malang telah ditutup menyusul peningkatan kasus Covid-19. Nantinya pembukaan perpustakaan dilakukan dengan protokol kesehatan yang ketat dan dengan skema kapasitas 50 persen.

“Mudah-mudahan bisa segera buka. Sebenarnya senang masyarakat ingin datang semua, tapi melihat dulu (perkembangan Covid-19),” tutup Suwarjana. (ian/aim)

- Advertisement -
spot_img
spot_img

Berita Lainnya

Berita Terbaru

- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img