spot_img
Friday, October 18, 2024
spot_img

Miguel Oliveira Juara, Marquez Gegar Otak

Berita Lainnya

Berita Terbaru

MALANG POSCO MEDIA- Tak diprediksikan sebelumnya Miguel Oliveira justu menjadi juara di Pertamina Grand Prix of Indonesia, nama resmi MotoGP Mandalika, Minggu (20/3) kemarin. Fabio Quartararo yang digadang gadang akan menjadi juara karena pole position tak bisa mengejar laju Miguel dan menduduki posisi runner up.

Sedangkan pembalap andalan Repsol Honda Marc Marquez harus absen karena kecelakaan parah saat sesi warm up lap. Marquez mengalami gegar otak.

- Advertisement -

Sempat memulai start dari nomor tujuh, Oliveira langsung gaspol dan menjadi yang pertama di awal laps. Ia mampu taklukkan Pertamina Mandalika International Street Circuit yang basah karena hujan deras. Dia terus konsisten di peringkat pertama dari putaran keempat. Miguel Oliveira menyelesaikan 20 laps dengan catatan waktu 33 menit 27,223 detik. Dirinya diikuti Fabio Quartararo dan Johann Zarco di peringkat kedua dan ketiga.

Pembalap Red Bull KTM itu unggul dua detik dari Quartararo ketika menyentuh garis finis.

Menariknya, Presiden Joko Widodo memberikan secara langsung trofi kepada juara pertama gelaran MotoGP Mandalika 2022, Miguel Oliveira.

Selain kepada Oliveira, Jokowi juga memberikan trofi kepada pembalap Yamaha Fabio Quartararo yang menempati podium kedua dan pembalap Pramac Ducati Johann Zarco yang menduduki podium ketiga.

Jokowi sempat mengungkapkan, ia mendukung Marc Marquez dalam gelaran balap tingkat internasional ini. Namun lantaran Marquez absen, Jokowi beralih menggantikan dukungannya kepada pembalap dari Monster Energy Yamaha Fabio Quartararo. “Jagoannya Marc Marquez tapi karena dia tidak ikut, ganti ke Fabio Quartararo, juara dua,” ujar Jokowi seperti dikutip dari siaran YouTube resmi Sekretariat Presiden.

Ia pun menyampaikan rasa terima kasihnya pada masyarakat Nusa Tenggara Barat (NTB) yang telah memberikan dukungan penuh pada gelaran internasional tersebut serta para penonton.

Selain itu juga kepada penyelenggara dan pekerja yang telah menyiapkan event ini. Meski ia mengakui masih terdapat beberapa hal yang perlu dievaluasi.

“Memang masih ada hal-hal yang perlu dievaluasi, diperbaiki, saya kira ini event jangka panjang. Tahun depan akan kita perbaiki lagi apabila ada kekurangan-kekurangan dan saya ingin menyampaikan selamat kepada semuanya,” ujar Jokowi.

Ketika diwawancarai usai menang, Miguel Oliveira mendedikasikan kemenangan itu buat dua sosok khusus. Salah satunya staf hotel yang namanya Risman. “Saya mau mendedikasikan kemenangan ini untuk Risman, salah satu staf hotel di tempat saya menginap,” ujarnya.

“Dia pria yang sangat baik, dia terus memberikan semangat kepada saya. Saya sudah janji ke dia, (kalau menang) untuk mempersembahkan podium (kemenangan) ini kepadanya. Jadi, ini buat kamu Risman,” sambungnya.

Risman diduga merupakan salah satu staf hotel di Novotel Mandalika. Risman pun pernah mem-posting foto dirinya bersama Miguel Oliveira. Dia terlihat menggendong Oliveira ketika hujan dan berpose memberikan jempol. Diberikan keterangan foto ‘candidate champion 2022.’ Ternyata tepat prediksi Risman.

Sementara itu, pembalap Repsol Honda Marc Marquez akhirnya buka suara terkait kondisinya usai alami kecelakaan parah di sesi pemanasan MotoGP Mandalika 2022 kemarin siang. Pembalap asal Spanyol itu mengaku baik-baik saja. Namun masih merasa sedikit sakit di bagian badan. 

Sebagaimana diketahui, nasib sial menimpa Marc Marquez ketika sesi pemanasan jelang balapan MotoGP Mandalika 2022. Dirinya terjatuh di tikungan ketujuh hingga membuatnya terpelanting dari atas motor.

Kecelakaan itu juga mengakibatkan motor Honda RC213V yang dikendarainya hancur lebur terhantam lintasan. Insiden itu merupakan yang keempat kali ketika di Sirkuit Mandalika.

Ia pun dilarikan ke rumah sakit di Mataram untuk penanganan lebih lanjut. Setelah itu dia dinyatakan tidak dapat mengikuti balapan karena kondisinya tak memungkinkan lagi melintas di Sirkuit Mandalika.

“Marc baik-baik saja. Dia mengalami penurunan energi yang tinggi dalam pemanasan yang mengakibatkan trauma kepala,” ucap sang dokter dikutip laman Paddock GP.

 “Menurut tim dokter di rumah sakit ia baik-baik saja, namun pemeriksaan patologi ini membutuhkan periode pengamatan 12 hingga 24 jam, kami semua memutuskan untuk memantaunya lebih lanjut,” timpal dokter.

Melalui laman resminya, MotoGP menyebut kondisi Marc Marquez tidak memungkinkan untuk tampil di MotoGP Mandalika 2022 karena mengalami gegar otak.

“Marquez sekarang akan bersiap untuk bisa sepenuhnya fit di MotoGP Argentina dalam waktu dua minggu ke depan,” demikian pernyataan MotoGP. (ggs/lim/van)

- Advertisement -
spot_img
spot_img

Berita Lainnya

Berita Terbaru

- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img