spot_img
Friday, October 18, 2024
spot_img

Polres Malang Tingkatkan Kemampuan Dalmas

Berita Lainnya

Berita Terbaru

MALANG POSCO MEDIA, MALANG – Lapangan Satya Haprabu Mapolres Malang mendadak ricuh. Sabtu (19/3) lalu, ratusan massa datang menyerbu. Mereka pun dihujani water canon. Semrawut. Namun untungnya dapat ditangani aparat dengan baik. 

Kericuhan itu ternyata simulasi dan latihan pengendalian massa (Dalmas) oleh para personel Polres Malang. Pembekalan Dalmas tersebut dilakukan dua hari berturut-turut hingga Minggu (20/3).

- Advertisement -

Kapolres Malang, AKBP Ferli Hidayat mengatakan, pelatihan Dalmas digelar dalam rangka antisipasi kerawanan Wilayah. Utamanya dalam menghadapi gejolak di masyarakat.

“Personel dibekali keterampilan dasar serta penggunaan kekuatan tentang Pengendalian Massa. Untuk mengantisipasi kerawanan, juga meningkatkan kemampuan masing-masing anggota personil Polres Malang dalam hal Pengendalian Massa,” ujar Ferli, Minggu (20/3).

Ferli Hidayat berharap, kegiatan ini tidak hanya jadi rutinitas saja, namun masing-masing anggota harus benar-benar menguasai, karena situasi di lapangan tidak seindah pada saat latihan. “Dalam latihan semua ada dalam kontrol, namun pada saat menangani massa yang sesungguhnya fluktuasi psikologi massa bisa berubah sepersekian detik,” ungkap Ferli.

Perihal penggunaan kekuatan, sambung Ferli, ditekankan tidak sampai terjadi penggunaan kekuatan yang berlebihan, kekerasan eksesif, abuse of power.  Personil harus mengerti antara kekuatan yang digunakan dengan ancaman yang dihadapi.

Ferli meminta pelatihan dilakukan berjenjang secara rutin. Hal ini karena adanya perbedaan dinamika di setiap wilayah kecamatannya. Walaupun, situasi Kamtibmasnya relatif kondusif kita tetap harus siap siaga.

“Kita harus siap dalam situasi dan kondisi bahkan yang terburuk sekalipun. Semoga latihan ini bisa menjadi bekal, pahami, supaya nanti pada saat di lapangan yang sesungguhnya kita tidak salah,” jelas Ferli.

Gelaran pelatihan disertai peragaan simulasi pengendalian massa. Dalam mengikuti pelatihan tersebut, personel tetap diharuskan menaati protokol kesehatan.

Kasat Samapta Polres Malang AKP Bambang Sidik Achmadi selaku Perwira Instruktur Dalmas mengungkapkan, bahwa Pasukan yang tergabung dalam Pleton Dalmas tersebut terdiri dari Dalmas Awal 1 SST dan Dalmas Lanjut gabungan Sat Samapta Polres Malang 1 SSK atau sejumlah 120 Personil Anggota Polres Malang.

“Latihan ini rutin dan terus ditingkatkan setiap waktunya. Hal ini diharapkan agar Anggota selalu siap siaga setiap saat, sehingga bilamana dibutuhkan dalam keadaan mendesak, anggota sudah sangat siap menghadapi di Lapangan,” jelas Bambang Sidik Achmadi. (tyo/imm)

- Advertisement -
spot_img
spot_img

Berita Lainnya

Berita Terbaru

- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img