spot_img
Saturday, October 19, 2024
spot_img

Wabup Ajak Masyarakat Aktif Donor Darah

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Malang Posco Media – Wakil Bupati Malang Drs H Didik Gatot Subroto mengajak seluruh masyarakat untuk berpartisipasi aktif donor darah. Sekalipun bulan ramadan, warga tak keberatan untuk tetap mendonorkan darahnya. Ini seiring dengan minimnya ketersediaan darah di Unit Dinor Darah (UDD) Kabupaten Malang.

Didik yang juga menjabat sebagai Ketua Perhimpunan Donor Darah Indonesia Kabupaten Malang memang tidak menjelaskan detail jumlah ketersediaan darah di awal ramadan ini. Namun demikian, berkaca pada tahun-tahun sebelumnya, saat ramadan, stok darah selalu minim. Terlebih juga masih pandemi Covid-19 yang belum berakhir, membuat stok darah minim.

- Advertisement -

“Sementara kebutuhan darah kita cukup tinggi. Itu sebabnya, kami mengajak semua masyarakat meskipun berpuasa tetap melakukan donor darah,” Ungkapnya.

Mantan ketua DPRD Kabupaten Malang ini mengaku jika stok darah yang dimiliki UDD PMI Kabupaten Malang mensuplai seluruh rumah sakit di Malang Raya. Bahkan juga mensuplai rumah sakit di Kota dan Kabupaten Blitar.

“Dari laporan yang masuk pada kami stok darah yang dimiliki UDD PMI, selain mensuplai kebutuhan darah di seluruh rumah sakit Malang Raya juga mensuplai rumah sakit di Blitar, ” tambahnya.

Sehingga dengan kebutuhan darah yang tinggi ini, mantan kepala Desa Tunjungtirto ini berharap masyarakat tetap tergerak untuk donor darah.

“Karena siang puasa maka donor bisa dilakukan usai berbuka atau usai salat tarawih, ” tambah bapak dua anak ini.

Sementara itu Didik juga mengusulkan kepada UDD PMI Kabupaten Malang untuk menggelar kegiatan donor darah massal. Kegiatan itu bisa menggandeng kelompok masyarakat atau organisasi kemasyarakatan.

”Contohnya bisa menggandeng remaja masjid, karang taruna atau kelompok lainnya, untuk donor darah. Seperti yang saya katakan tadi, pelaksanaan kegiatannya bisa dilakukan usai waktu berbuka, ” ucap pria yang juga menjabat ketua Forum Komunikasi Dermawan Darah  (Fokus Wanda) Kabupaten Malang ini.

Sementara itu Kepala Bagian Pelayanan UDD Kabupaten Malang Sukma Yunaida mengatakan stok darah di UDD PMI Kabupaten Malang sangat minim. “Untuk datanya saya tidak hafal. Tapi dari stok darah, terakhir yang masuk cukup minim, ” katanya. (ira/jon)

- Advertisement -
spot_img
spot_img

Berita Lainnya

Berita Terbaru

- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img