spot_img
Saturday, October 19, 2024
spot_img

Bangkitkan UMKM, Kecamatan Karangploso Gelar Pasar Takjil

Berita Lainnya

Berita Terbaru

MALANG POSCO MEDIA, MALANG – Tidak hanya pasar ramadan yang mewarnai perayaan puasa tahun ini di Kecamatan Karangploso. Tapi di wilayah ini juga ada pasar takjil. Bertempat di Desa Girimoyo, pasar takjil ini dibuka langsung oleh Wakil Bupati Malang Drs Didik Gatot Subroto Senin (4/4)  kemarin.

Dalam sambutannya, Didik mengatakan digelarnya pasar takjil ini adalah bukti pertumbuhan ekonomi. “Jika ramadan sebelumnya pasar takjil tidak boleh, karena Covid-19, tapi sekarang boleh, meskipun ada batasan. Momen ini agar betul-betul dimanfaatkan, sehingga ada pertumbuhan ekonomi disini,’’ katanya.

- Advertisement -

Orang nomor dua di Pemerintah Kabupaten Malang ini juga mengatakan bahwa adanya pasar takjil ini juga menjadi bukti bangkitnya IKM dan UKM di Kabupaten Malang. Dia mengakui, jika selama pandemi Covid-19 banyak IKM dan UKM gulung tikar.

“Pasar takjil ini adalah bukti mereka kembali bangkit. Ada beragam menu makanan dan minuman, serta produk-produk lain yang dijual. Kami juga berharap kebangkitan ini menjadi awal yang bagus, dan pasar takjil ini terus berkembang,’’ ungkapnya.

Didik yang sempat berdialog dengan para pedagang ini  pun tak segan memberikan ide agar pasar takjil ini banyak dikunjungi masyarakat. Salah satunya dengan voucher berbelanja hemat. “Tadi kami sudah melakukan diskusi dengan pihak terkait, termasuk muspika. Agar menarik minat pengunjung datang, ada voucher khusus,’’ tambahnya.

Terakhir, Didik yang juga berbuka bersama dengan para pedagang di Centra Kuliner, tidak jauh dari pasar takjil ini tak lupa mengajak seluruh warga dan para pedagang untuk tetap patuh dan disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan. Alasannya jelas, karena Covid-19 belum berakhir.

“Tetap harus menjaga protokol kesehatan. Pakai masker, sebagai upaya menekan penyebaran Covid-19,’’ tandasnya. Dia mengatakan di Kabupaten Malang Covid-19 angkanya sudah sangat menurun. Kondisi ini harus dijaga. Salah satunya dengan patuh terhadap protokol kesehatan.

Sementara itu Kepala Uppd Pasar Induk Karangploso, Sumariyah, menuturkan jika pasar takjil ini diikuti 31 Pedagang, “Kami berharap dengan dibukanya Pasar Takjil di Pasar Karangploso ini bisa memberikan manfaat bagi warga masyarakat sekitar,’’ katanya.

Sumariyah dalam laporannya juga menguraikan tentang centra kuliner PKL. Adalah area yang disediakan untuk menampung para PKL. “PKL yang berjualan di jalan semuanya kami pindah disini. Pemindahan untuk mengantisipasi agar tidak terjadi kemacetan di jalan raya, dan disini juga sudah kami siapkan tempatnya,” tutur Sumariyah. (ira/ggs)

- Advertisement -
spot_img
spot_img

Berita Lainnya

Berita Terbaru

- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img