spot_img
Friday, October 18, 2024
spot_img

Pembangunan Maju Sejahterakan Masyarakat

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Pelantikan Tiga Kepala Desa Terpilih

MALANG POSCO MEDIA, MALANG – Tiga kepala desa terpilih hasil pemilihan kepala desa antar waktu di Kecamatan Poncokusumo dilantik Bupati Malang H.M Sanusi. Jumat (27/5) kemarin di Pendopo Agung Kabupaten Malang, Jalan Agus Salim Kota Malang. Tiga kepala desa yang dilantik masing-masing Hj Kristianingsih SE sebagai Kepala Desa Karangnongko, Sodikin sebagai Kepala Desa Ngebruk, dan Nur Salim sebagai Kepala Desa Ngadireso.

- Advertisement -

Dalam sambutannya, Bupati Malang banyak memberikan pesan kepada tiga kepala desa yang kemarin dilantik. Pertama tiga kepala desa ini tak sekadar melanjutkan tongkat kepemimpinan kepala desa selanjutnya. Namun tiga kades ini harus mampu menciptakan rasa aman, tentram dan damai.

Kades dikatakan Bupati Malang juga harus menjadi figur panutan dan teladan warganya.  Kades dituntut mampu menyelenggarakan urusan pemerintahan, pembangunan dan kemasyarakatan yang baik.  Kades harus mampu merangkul semua warga, bergotong royong membangun desa untuk maju. “Setelah terpilih, kades tidak boleh membeda-bedakan. Kades harus mampu merangkul semua warga, dan bergotong royong untuk membangun desa,’’ ungkapnya.

Sanusi mengatakan saat ini bukan lagi zamannya oneman show. Bukan juga zamannya otoriter. Sebagai kades harus mampu mengayomi. Mengajak seluruh warga untuk bekerja sama, membangun desa untuk semakin maju ke depan.

Terpenting lagi adalah kepala desa harus mengetahui potensi yang ada didesanya. Memiliki inovasi untuk mengembangkan potensi itu. Bekerjasama dan berkolaborasi serta bergotong royong, untuk menciptakan sesuatu yang baik.

“Dengan gotong royong berkolaborasi maka tidak sulit bagi kades untuk melanjutkan pembangunan. Sehingga program one village one product yang dicanangkan Pemerintah Kabupaten Malang pun dapat tercipta tanpa hambatan,’’ tambah orang nomor satu di pemerintah Kabupaten Malang.

Seiring dengan pesan yang disampaikan tersebut, Sanusi pun berharap para kades mampu mengembangkan potensi desa yang itu berdampak pada kemajuan pemangunan. “Goalnya adalah pembangunan yang maju dapat mensejahterakan masyarakat. Dan program Malang Makmur pun dapat tercapai dengan mudah,’’ tandas Bupati.

Terpisah Plt Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Malang Drs Suwadji mengatakan setelah dilantik status kades terpilih hasil pemilihan kades antar waktu menjadi definitif. Mereka langsung melaksanakan tugas-tugas sebagai kepala desa.

“Senin (30/5) mulai aktif menjalankan tugas-tugas sebagai kepala desa,’’ ungkapnya. Berbeda dengan beberapa kades hasil pemilihan antar waktu sebelumnya, yang mengikuti bimbingan teknis, tiga kades yang dilantik kemarin hanya mendapatkan bekal buku saku. Suwadji yakin tiga kepala desa yang dilantik ini mampu menjalankan tugas sebagai kades. “Kades yang dilantik ini, satu diantaranya adalah mantan kades, satu lagi perangkat desa, dan satu lagi istri dari kades. Mereka pasti mampu menjalankan pemerintahan. Mereka akan dibekali buku pedoman untuk menjalankan pemerintahan,’’ urainya. Namun demikian, jika ada kades yang belum memahami tata kelola pemerintahan, Suwadji pun mengaku membuka pintu lebar-lebar bagi mereka untuk melakukan konsultasi. “Jika ada yang belum paham, silahkan merapat ke dinas untuk melakukan konsultasi,’’ tandasnya.(ira/ggs)

- Advertisement -
spot_img
spot_img

Berita Lainnya

Berita Terbaru

- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img