spot_img
Saturday, October 19, 2024
spot_img

Bertahan dengan Kreasi Produk Kekinian

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Florist Sekar Ayu Garden

MALANG POSCO MEDIA, MALANG-Berawal dari kebun bunga, Florist Sekar Ayu Garden telah bertransformasi. Kini tak hanya menjadi penyedia jasa bunga, usaha yang telah berdiri sejak 2015 ini, kini juga menyediakan jasa dekorasi, artificial, gift dan aneka buket bunga.
“Awalnya dulu cuma kebun bunga. Cuma ada dua jenis bunga, Krisan dan Aster, jualan bunga segar saja,” ujar Indira Prana Citra, putri dari pemilik Sekar Ayu Garden yang juga menjadi penjaga toko.

- Advertisement -


Indira juga mengungkapkan bahwa di dunia industri kreatif seperti saat ini, pembaruan produk sangat diperlukan terlebih lagi pada usaha bunga Sekar Ayu Garden. “Bunga segar tidak bisa bertahan lama jadi tidak bisa dijual di marketplace dan pengiriman hanya bisa menjangkau wilayah Malang Raya saja, cepat layu soalnya. Jadi saya dan keluarga memutar otak, menganalisa apa yang sedang tren kemudian mencoba membuat produknya dari bunga,” ujarnya.


Menurut dia, saat ini sudah bisa berjualan offline di toko dan online di instagram karena produknya sudah beraneka ragam. Indira berucap bahwa budaya saling memberi hadiah (gift) adalah hal yang cukup menguntungkan bagi usahanya sehingga melahirkan beraneka produk baru seperti buket bunga, hand bouquet, snack bouquet, hingga bloombox. “Sejak setahun yang lalu Sekar Ayu Garden juga bekerjasama dengan studio foto sebagai tim dekorasi,” imbuh Indira.


Ia juga berkata bahwa pendapatan dari usaha ini adalah dari tawaran untuk mendekor. Permintaan dekorasi photoshoot prewedding, engagement dan pernikahan tidak pernah ada habisnya. Jadi bisa dipastikan jika usaha florist ini hanya menjual bunga segar, pasti sudah lenyap dimakan zaman. Oleh karena itu, sebagai pebisnis harus selalu memiliki ide kreatif dan selalu melakukan pembaruan.
“Bisnis itu harus kreatif. Apapun yang berhubungan dengan dekorasi dan bunga, yang bisa dikerjakan dan sesuai tren, ya digarap,” tambahnya.


Sementara itu, florist yang berada di Jl. Tumapel 8C Malang ini sudah bisa dikunjungi dari pukul 09.00 WIB hingga pukul 17.00 WIB. “Setiap hari buka kecuali ada event ngedekor photoshoot atau acara pernikahan, baru tokonya tutup,” ujar Indira ke Malang Posco Media. (mp2/ley)

- Advertisement -
spot_img
spot_img

Berita Lainnya

Berita Terbaru

- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img