spot_img
Friday, October 18, 2024
spot_img

Dari Buruh Gali, Sukses Menjadi Dirut Perumda Tirta Kanjuruhan

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Malang Posco Media-Lahir 4 Juni 1981 Perumda Tirta Kanjuruhan memulai bisnisnya dengan memiliki 4.823 pelanggan. Dengan jumlah pegawai 48 orang. Tahun ini perusahaan milik daerah ini berusia 41 tahun. Dengan jumlah pelanggan 143.000, dan jumlah pegawai 560 orang. Capaian yang luar biasa tersebut tak lepas dari tangan dingin Syamsul Hadi S.Sos, MM. Sebagai Direktur Utama, Syamsul selalu memiliki inovasi, dan mengajak seluruh karyawan untuk bersemangat memberikan pelayanan yang terbaik.

“Alhamdulillah, sampai dengan saat ini sudah banyak prestasi yang diraih Perumda Tirta Kanjuruhan. SDM kami juga terus berkembang. Kami ingin perusahaan ini memiliki layanan terbaik, tidak hanya untuk hari ini tapi sampai kapanpun,’’ katanya kepada Malang Posco Media.

- Advertisement -

Syamsul pun menceritakan, berkarir di Perumda Tirta Kanjuruhan, hingga kemudian sukses menjadi direktur utama sebetulnya bukanlah yang dicita-citakan. Sejatinya, bapak 3 anak ini memiliki cita-cita sebagai guru. “Tahun 1981 saya lulus SMA, ingin kuliah karena ingin jadi guru. Sempat daftar di IKIP Malang (sekarang UM). Tapi ternyata tidak lulus tes,’’ katanya.

Saat itu Syamsul mengaku sangat dilema. Lantaran dia merupakan tumpuan keluarga. Sehingga begitu tidak lulus tes perguruan tinggi dia memutuskan untuk bekerja. “Sekalipun saat itu saya lulus SMA, tapi mencari pekerjaan juga sulit. Beruntung ada teman yang menjadi buruh gali di PDAM Kabupaten Malang. Saya ikut dia,’’ katanya.

Oktober 1983 Syamsul pun mulai bergabung dalam perusahaan plat merah tersebut. Sebagai buruh gali. Selama bekerja dia tidak mau main-main. Rasa sakit memegang pacul, hingga tangannya berdarah tidak dia rasakan. Mimpinya adalah bekerja pulang membawa uang.

Kerja sungguh-sungguh itupun mendapatkan respon dari pimpinan PDAM kala itu. Yang mana Januari  1984 dia pun mendapat tawaran sebagai pegawai kontrak. Syamsul kian bersemangat. Dia bekerja dengan tekun. Tidak perduli dengan penghasilan yang diperoleh, tapi yang jelas semangatnya terus menggebu.

Semangat kerja itulah yang kemudian direspon oleh Direktur Utama PDAM Kabupaten Malang yang saat itu dijabat oleh Kusnadi. Dimana Syamsul diangkat menjadi pegawai tetap. Dia pun di tugaskan di unit PDAM Karangploso. “Beberapa bulan setelah diangkat sebagai pegawai tetap, pimpinan menunjuk saya sebagai Kasi TU PDAM Kabupaten Malang Unit Karangploso. Tiga tahun kemudian saya diangkat sebagai Kepala PDAM Kabupaten Malang Unit Karangploso,’’ ungkap alumni SMAN Batu ini.

Karirnya pun terus meningkat. Hingga tahun 2010 lalu, dia didapuk menjadi Direktur Umum. Dan sejak tahun 2015 sampai dengan saat ini Syamsul menduduki jabatan tertinggi di Perumda Tirta Kanjuruhan. Yaitu sebagai Direktur Umum. “Periode pertama tahun 2015-2019, saat ini saya menjadi direktur utama periode ke dua. Dengan masa jabatan 2019 – 2024 mendatang,’’ ungkapnya.

Syamsul pun berjanji, terus berinovasi dan menjadikan Perumda Tirta Kanjuruhan, tak hanya terbaik di tingkat regional. Melalui layanan yang diberikan, dia ingin perusahaan ini menjadi perusahaan terbaik di tingkat nasional. (ira/ggs)

- Advertisement -
spot_img
spot_img

Berita Lainnya

Berita Terbaru

- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img