spot_img
Friday, October 18, 2024
spot_img

Puntung Rokok Bakar Rumah ODGJ

Berita Lainnya

Berita Terbaru

MALANG POSCO MEDIA, MALANG – Akibat merokok di dalam kamar, sebuah rumah di Jalan Bareng Tenes 4B RT 7 RW 2 Kelurahan Bareng Kecamatan Klojen hangus terbakar, Rabu (8/6) siang. Rumah tersebut ditinggali oleh Iwan Ardianto yang hidup sebatang kara dan merupakan Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ).

Seorang warga sekitar yang juga saksi mata, Made, 52, mengatakan kejadian itu terjadi sekitar pukul 12.30 WIB. Saat itu, tiba-tiba dari dalam rumah muncul kepulan asap, sontak membuat warga sekitar panik dan berusaha memadamkan dengan peralatan dan air seadanya.

- Advertisement -

“Saat pertama diketahui api sudah sangat besar, sehingga semua warga yang ada disekitar kejadian mencoba memadamkan apinya dengan alat seadanya disini,” ungkapnya.

Api tersebut diduga karena bekas puntung rokok yang dibuang sembarangan oleh Iwan. Pasalnya, kejadian kebakaran ini sebelumnya pernah terjadi. Saat itu, karena puntung rokok, kasur tempat tidur Iwan ludes terbakar.

Tidak lama kemudian petugas UPT Pemadam Kebakaran (PMK) Kota Malang, bersama Petugas TNI-Polri dan relawan tiba di lokasi. Setidaknya ada tiga armada truk pemadam dan 15 personel dari UPT PMK Kota Malang yang diterjunkan.

Kepala UPT PMK Kota Malang Teguh Budi Wibowo menjelaskan, kendala terjadi akibat saluran listrik yang masih menyala. Sehingga pihaknya harus menggunakan trik dan cara khusus, untuk memadamkan api sebelum menjalar ke tempat lain.

“Jadi kami menggunakan cara pukul – lari, untuk menghindari sengatan listrik yang terkena air. Dan ini berhasil untuk mengatasi kobaran api,” ungkapnya.

Untuk area yang terbakar diperkirakan mencapai seluas 2×5 meter persegi. Sementara untuk kisaran kerugian mencapai Rp. 40 juta.

Sementara itu Ketua RW 2 Kelurahan Bareng Kecamatan Klojen Kadang Pancoro mengatakan, kejadian ceroboh Iwan ini bukan kali pertamanya terjadi. ” Ya namanya juga ada kekurangan, apalagi dia tinggal sebatang kara. Dulu pernah juga rumahnya hampir terbakar, untung api tak sampai membesar,” bebernya. (mp3/rex/ggs)

- Advertisement -
spot_img
spot_img

Berita Lainnya

Berita Terbaru

- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img