spot_img
Friday, October 18, 2024
spot_img

Disparbud Mulai Garap Aplikasi MATIC

Berita Lainnya

Berita Terbaru

MALANG POSCO MEDIA, MALANG– Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kabupaten Malang siap meningkatkan pelayanan. Salah satunya dengan menciptakan aplikasi Malang Kabupaten Tourism Intelligence Center (MATIC). Selain berisi tentang destinasi wisata, namun juga informasi beragam layanan pariwisata di Kabupaten Malang.

Disparbud Kabupaten Malang juga mengajak masyarakat melengkapi informasi yang sudah terupload, sehingga data tentang pariwisata semakin update. Aplikasi baru ini dilontarkan Kepala Disparbud Kabupaten Malang, Purwoto. Dia mencontohkan Pantai Balekambang. “Informasi tentang pantai itu tertulis jelas, mulai lokasi dan fasilitas yang ada,” ujarnya.

- Advertisement -

Termasuk jumlah kunjungan di pantai tersebut juga tertulis lengkap.Purwoto mengaku, aplikasi ini penting dibuat. Menurutnya, selama ini, pihaknya mengaku masih kesulitan menghitung jumlah kunjungan wisata. “Patokan kami sebelumnya adalah jumlah tiket masuk ke tempat pariwisata dan tamu hotel,” ungkap mantan Camat Wajak itu.

“Tapi sulit dideteksi, mereka yang melakukan wisata kuliner, wisata olahraga dan ke tempat wisata yang tidak bertiket. Nah melalui aplikasi ini, itu semua dapat terjawab. Karena masing -masing pengelola akan mengisi jumlah kunjungan wisatawan setiap hari,” ungkapnya. Sebab itu, dia berharap, pengelolanya tetap melakukan update setiap hari.

 “Jika rating di google jelek, dan komentar yang diberikan jelek, maka sudah pasti ditinggal oleh wisatawan,” terangnya. Purwoto memastikan, aplikasi MATIC ini akan memberikan kemudahan kepada orang yang akan berkunjung di Kabupaten Malang. Dijelaskannya, Kabupaten Malang kaya akan destinasi wisata.

“Baik wisata alam ataupun wisata edukasi. Namun banyak orang yang tidak tahu. Maka di aplikasi inilah semuanya dapat dilihat. Cukup dengan smartphone, masyarakat bisa mencari apapun tentang kepariwisataan di Kabupaten Malang,” tambahnya. Untuk saat ini aplikasi MATIC dikatakan Purwoto masih proses pembuatan.

 “Bulan Oktober ini, saya harap pembuatan bisa selesai, dan dilakukan uji coba. Jika semuanya sukses, aplikasi ini akan dilaunching bersamaan peringatan Hari Jadi ke 1262 Kabupaten Malang,” urainya. Dia juga mengatakan, akan terus aktif melakukan perbaikan untuk aplikasi tersebut, demi meningkatkan kunjungan wisata. (ira/mar)

- Advertisement -
spot_img
spot_img

Berita Lainnya

Berita Terbaru

- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img