spot_img
Friday, October 18, 2024
spot_img

Kejuaraan Wushu Sanda SLC Cup 2022

Mahasiswa Teknik Mesin ITN Raih Medali Emas

Berita Lainnya

Berita Terbaru

MALANG POSCO MEDIA, MALANG – Ibnu Rossie Adiyo, mahasiswa Teknik Mesin S-1 Institut Teknologi Nasional (ITN) Malang sukses meraih medali emas pada Kejuaraan Wushu Sanda SLC Cup 2022. Kejuaraan antar sasana se-Jawa Timur ini diselenggarakan oleh SLC Education di Lenmarc Mall Surabaya selama tiga hari, mulai Jumat (7/10) lalu.

Ibnu mewakili ITN Malang turun di kelas sanda 56 kg senior putra bersaing dengan 11 atlet lainnya, dan berhasil mengalahkan atlet tuan rumah Surabaya dengan skor 2-0. Sebelumnya pada semifinal Ibnu menang KO melawan atlet dari Mojokerto.

- Advertisement -

“Semifinal saya menang KO. Sedang saat final di ronde pertama, lawan saya sempat kena telak dan terhitung oleh wasit. Tetapi lawan masih bisa melanjutkan pertandingan hingga ronde kedua,” jelas Ibnu saat ditemui Malang Posco Media di Ruang Humas ITN Malang, Selasa (11/10) kemarin.

Ternyata, selain menguasai wushu Ibnu juga terlatih dalam seni bela diri  kickboxing, muay thai, tinju, dan Mix Martial Art (MMA) amatir. Sudah puluhan medali Ibnu dapatkan dari berbagai kejuaraan seni bela diri. Bahkan ia kerap mendapat juara 1.

Seperti, juara 1 Kejuaraan Nasional Kickboxing Championship Series I di Karanganyar tahun 2021, juara 1 Kickboxing Jawa Timur di Ngawi 2022 kategori low kick (ring sport), juara 1 Kickboxing di Jakarta kategori junior, juara 1 Underground Fight Indonesia di Jakarta Barat kategori senior, dan pernah ikut seleksi Sea Games mewakili Provinsi Papua di Senayan Jakarta kategori senior.

Baginya olahraga bela diri lebih menantang dibanding dengan olahraga lainnya. “Lebih menantang, dan peluang untuk berprestasi lebih besar dari pada cabor (cabang olahraga) lain. Kuncinya harus latihan disiplin, yakin, percaya diri, dan optimis,” katanya dengan tenang.

Sudah ada sederet agenda menunggu Ibnu. Rencananya ia akan mengikuti pra PON di Solo pada Juni 2023 mendatang, dan akan mewakili Provinsi Papua pada event tersebut. Sementara pada April 2023, Ibnu akan bergabung latihan bersama pelatnas Singapura sebagai hadiah juara pertama Kejuaraan Wushu Sanda SLC Cup 2022.

Seni bela diri sebenarnya bukan hal baru bagi mahasiswa semester dua ini. Pasalnya keluarga Ibnu mulai ayah dan saudara-saudaranya merupakan atlet bela diri, karate, dan silat. Apalagi ayah Ibnu merupakan marinir TNI Angkatan Laut, yang sekaligus sebagai pelatih bela diri di Camp Naga Mas Sidoarjo. (imm/bua)

- Advertisement -
spot_img
spot_img

Berita Lainnya

Berita Terbaru

- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img