MALANG POSCO MEDIA, JAKARTA – PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI), menginformasikan capaian penjualan retail kendaraan penumpang maupun niaga ringan Mitsubishi Motors di Indonesia. Sepanjang tahun 2022, MMKSI berhasil mencatat total 97.936 unit terjual dengan pencapaian pangsa pasar sebesar 10,6 persen.
“Apresiasi yang baik dari konsumen serta capaian kami di tahun 2022 menjadi semangat dan memotivasi kami untuk terus mengimplementasikan komitmen kuat dari Mitsubishi Motors di Indonesia sebagai pasar yang sangat penting di Kawasan ASEAN. Kami sangat antusias dan bersemangat menyambut tahun 2023 dengan beragam aktivitas menarik, layanan, serta lini model unggulan dari Mitsubishi Motors yang berfokus untuk memberikan kemudahan, manfaat, dan kepuasan maksimal kepada konsumen,” ungkap President Director PT MMKSI, Naoya Nakamura dalam keterangan tertulisnya, Senin (16/1).
Sepanjang tahun 2022, MMKSI telah banyak memberikan inovasi untuk produk serta layanannya. Dari sisi produk, MMKSI telah menghadirkan model baru New Xpander Cross, dan New L300. Terkait unsur standar kepatuhan dan usaha pelestarian lingkungan MMKSI telah melakukan penyegaran dan update pada model Pajero Sport, New L300, dan Triton, yang dilengkapi dengan mesin berstandar spesifikasi Euro-4. Tidak hanya itu, sebagai bentuk kontribusi MMKSI dalam percepatan pemanfaatan mobil listrik di Indonesia, MMKSI melakukan studi bersama dengan empat perusahaan ternama terkait pemanfaatan Minicab MiEV dalam aktivitas operasi bisnis, dan juga kolaborasi bersama lima merek otomotif Jepang untuk pengembangan ekosistem kendaraan listrik di Bali.
Dari sisi pelayanan, MMKSI tetap secara aktif memperluas fasilitas jaringan diler serta bodi dan cat di beberapa daerah di Indonesia. Selain itu, MMKSI juga menghadirkan layanan gerai suku cadang resmi Mitsubishi Motors di platform e-Commerce, penawaran menarik melalui berbagai program penjualan dan purna jual, yang kesemuanya bertujuan untuk memastikan konsumen mendapatkan layanan dengan lebih mudah dan nyaman.
Dari total 97.936 unit, di segment kendaraan penumpang MMKSI mencatat penjualan sebesar 69.629 unit. Sedangkan di segmen kendaraan niaga ringan, MMKSI berhasil mencatat penjualan 28.307 unit. Model Xpander (termasuk Xpander Cross) mendominasi penjualan MMKSI hingga 60 persen, L300 berkontribusi sebesar 19,5 persen, serta Pajero Sport berkontribusi 17 persen penjualan MMKSI.
Seluruh model kendaraan MMKSI juga telah membuktikan eksistensi serta keunggulannya di pasar otomotif Indonesia sepanjang 2022. Hal ini dibuktikan dengan pangsa pasar yang diraih, dengan detail sebagai berikut:
– L300 memimpin segmen small pick-up 4×2 dengan pangsa pasar lebih dari 65 persen atau terjual 27.110 unit
– Mitsubishi Triton memimpin segmen pick-up 4×4 dengan pangsa pasar 57.5 persen atau terjual sebanyak 9.009 unit.
– Xpander (termasuk Xpander Cross) menjaga pangsa pasar di segmen small MPV sebesar 24,4 persen atau telah terjual sebanyak 49,917 unit
– Pajero Sport mencatat pangsa pasar lebih dari 40 persen di segmen medium SUV 2.500 cc (4×2 dan 4×4) dengan total penjualan 17.137 unit
(*/nda)