Malang Posco Media-Langkah diplomasi ekonomi menembus pasar Swiss terwujud konkret dengan peresmian toko internasional pertama Eigerdi Interlaken, Swiss, 15 Maret 2023.
KBRI Bern terus melakukan upaya diplomasi ekonomi melalui penguatan promosi ekonomi di wilayah akreditasi. Salah satu bentuk konkret dari penguatan ekonomi dimaksud adalah dukungan KBRI Bern untuk pembukaan toko Eiger di Interlaken Swiss.
Pembukaan toko Eiger di Swiss menunjukkan langkah besar EIGER dalam melakukan penetrasi pasar Eropa. Kompetisi dan tantangan tidaklah mudah namun dengan produk yang berkualitas dan strategi bisnis yang baik, produk Eiger diharapkan dapat bersaing di pasar dan menempati hati masyarakat Eropa, dan Swiss khususnya.
Swiss merupakan negara yang terkenal dengan standar tinggi dan memperhatikan isu keberlanjutan atau sustainability. Masyarakat di Swiss memiliki standar tinggi terhadap produk-produk yang dijual di pasar.
Sebagai informasi, Swiss menempati peringkat pertama dunia sebagai negara dengan ekonomi yang paling inovatif dalam Global Innovation Index (GII) pada tahun 2022 – selama 12 tahun berturut-turut. Sementara itu, dalam peringkat Sustainable Development Goals(SDG) Index 2022, Swiss menempati peringkat kedelapan di dunia.
Peresmian Toko Eiger dihadiri oleh KBRI Bern, Gemeindepräsident atau Mayor ofInterlaken,PhillippeRitschard; FounderandChairmanEigerAdventure, Ronny Lukito; dan Christian Hartanto, CEO EigerAdventure; dan CEO ofMarkPlus, Inc, Hermawan Kartajaya.
Direktur Jenderal Amerika dan Eropa Kemlu RI, Umar Hadi, dalam pidato pembukanya melalui video saat pembukaan toko Eiger, menyambut baik dan mendukung upaya Eiger dalam merambah pasar internasional di Interlaken. “Saya berharap dengan adanya toko Eiger di Interlaken, produk Indonesia dapat semakin dikenal di Swiss, sebagai produk yang memiliki kualitas yang sangat baik”, ujar Umar Hadi.
KBRI Bern telahmendukungdan mendorong upaya menuju pembukaan toko Eiger di Interlakenyang dilakukan sejak tahun 2021karena hal ini merupakan bagian dari upaya promosi TTI Indonesia dan outboundinvestmentdari Indonesia di Swiss, serta perluasan akses pasar produk Indonesia. Pembukaan toko ini diharapkan sebagai pioneer bagi produk-produk Indonesia lain untuk masuk ke pasar Swiss secara khusus, dan meluas ke pasar Eropa/EU dan global.
“Kami bersyukur setelah melalui persiapan yang cukup panjang, akhirnya Eiger bisa buka toko di Interlaken, Swiss. Kami sangat berterima kasih tim KBRI yang sangat memberikan bantuan dan dukungan maksimal hingga toko kami bisa buka pada hari ini. Semoga toko ini bisa memberikan dampak positif terhadap pelanggan, komunitas dan masyarakat di Swiss dan memberikan yang terbaik bagi bangsa Indonesia”ujar CEO EIGER Adventure, Christanto Hartanto.
Mayor ofInterlaken, PhillipeRitschard menyampaikan apresiasidan terima kasih karena Eiger telah memilih Interlaken untuk tempat berkembang bagi perusahaannya di luar Indonesia. “Kehadiran brandEiger di Interlaken sangat sesuai dengan sebutan kota Interlaken sebagai Adventure Capital ofEurope”,ungkapPhillippeRitschard.
Di Indonesia, Eiger memiliki total 222 toko di 28 provinsi di Indonesia. Di luar negeri, toko Eiger di Interlaken, Swiss, merupakan toko pertama Eiger di Eropa yang dikelola sendiri oleh Eiger.
“Harapan saya ke depan, sesuai visi misi kita, yang terpenting yang paling utama, EIGER itu harus berdampak positif buat banyak orang, buat lingkungan, buat generasi-generasi ke depan, yang bisa menjadi inspirasi bermanfaat untuk kebaikan”, ujar Ronny Lukito, FounderandChairmanEIGER Adventure.
“Untuk tahun pertama kami akan fokus pada pengenalan produk dan melakukan penetrasi terhadap komunitas dan ekosistem penggiat petualangan dan wisata, di tahun kedua dan ketiga diharapkan mindshare dan marketshare mulai terbentuk seiring dengan produk yang lebih variatif dan makin diterima oleh masyarakat Swiss,”ujar Christian Hartanto, CEO EigerAdventure.
Untuk penjualan produk EIGER di Swiss, pihak EIGER telah menyiapkan pengembangan produk khusus untuk dijual di pasar Swiss. Produk-produk EIGER yang dipasarkan di Swiss adalah produk-produk yang telah disesuaikan dengan kebutuhan dan ukuran masyarakat Swiss dan juga konsumen Eropa secara umum.
“Jadi EIGER harapan saya juga akan mendunia. Produk bangsa Indonesia, karya anak bangsa Indonesia bisa mendunia”, pungkas Ronny Lukito, FounderandChairman EIGER Adventure.
Pembukaan toko EIGER di Swiss menunjukkan presensi Indonesia yang kuat di Swiss. Diplomasi ekonomi dilakukan dengan sinergi semua pihak, baik pemerintah dan swasta. Langkah dimaksud semakin mendorong penguatan promosi ekonomi Indonesia. Saat ini, hubungan Indonesia dan Swiss, khususnya dalam kerja sama ekonomi bilateral, berada dalam kondisi yang sangat baik. Indonesia-Swiss juga telah memiliki sejumlahperjanjian kerja sama bidang ekonomi dengan Swiss, termasuk Indonesia-EFTA CEPA dan perjanjianinvestasi bilateral (Perjanjian Peningkatan dan Perlindungan Penanaman Modal/P4M), yang dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan kerja sama ekonomi bilateral kedua negara.
KBRI BERN