MALANG POSCO MEDIA, MALANG – Program Studi Ilmu Komunikasi BINUS @Malang memiliki visi dan misi untuk memberdayakan dan memfasilitasi content creator muda yang kreatif, inovatif dan
mampu bersaing di dunia global.
Untuk mewujudkan hal tersebut, prodi ini terus menjalin kerjasama erat dengan industri sebagai praktisi untuk bisa memperkaya pengetahuan mahasiswa. Pun sebagai upaya untuk mendukung peningkatan kompetensi mahasiswa menjadi content creator yang siap bersaing di era industri 4.0.
Salah satu bentuk kerjasama bersama praktisi adalah talkshow “ACTION” yang digelar Senin (3/4). Talkshow ini bertajuk Content Creator: The Future and The Challenge. Talkshow yang berlangsung di Aula BINUS @Malang ini menghadirkan salah satu pelopor influencer tanah air sekaligus Chief Creative Officer Narasi TV, Antonino I Jovialsra da Lopez, atau yang lebih dikenal sebagai Jovial da Lopez.
Jovi yang merupakan salah satu content creator yang turut andil dalam bangkitnya youtuber Indonesia sejak tahun 2010 ini memiliki insight yang sejalan dengan streaming Program Studi Ilmu Komunikasi BINUS @Malang yang fokus mencetak content creator. Di depan ratusan mahasiswa dan siswa SMA, Jovi memberikan tips menjawab tantangan bagi generasi saat ini untuk membuat content yang bukan sekedar viral namun bisa bermanfaat bagi masyarakat.
“Dengan belajar langsung dari Jovi, harapannya peserta dapat termotivasi untuk menjadi lebih kreatif dalam membuat konten, mengetahui bagaimana membangun personal branding yang baik, meningkatkan public speaking skill dan mengetahui bagaimana membuat story telling yang menarik agar karyanya bisa bermanfaat untuk masyarakat dan tidak sekedar viral”, ucap Head of Communication Science Study Program, Frederik Masri Gasa, S.IP., M.Si.
Dia menjelaskan, program ini merupakan bagian dari inisiatif yang dilakukan oleh Binus @ Malang sebagai sebuah Digitechpreneur Campus. Kampus yang berkomitmen untuk berkontribusi meningkatkan sumber daya manusia yang handal dalam pemanfaat teknologi digital yang dioptimalkan.
“Kemampuan memanfaatkan teknologi digital itu sebagai basis untuk mengembangkan diri dan
usahanya sehingga dapat berkontribusi mendorong pertumbuhan ekonomi di Jawa Timur dan Indonesia,” terangnya.
Dan menurutnya, menjadi seorang content creator saat ini tidak mudah dan penuh tantangan. Informasi dari Katadata pada tahun 2023 menunjukkan bahwa Youtube sebagai salah satu platform media sosial yang terpenting di Indonesia memiliki pengguna sebesar 139 juta user, dan ini menjadi jumlah terbesar keempat di dunia. “Fakta ini menjadi peluang sekaligus tantangan bagi generasi sekarang dalam membuat konten yang menarik di tengah ketatnya persaingan,” tandasnya. (imm/bua)