MALANG POSCO MEDIA, KOTA BATU – Kerja sama antara Toyota dan Museum Angkut yang sudah terjalin dengan baik mulai tahun 2017 dan selalu menghadirkan sesuatu yang baru tiap tahunnya. Seperti pada Selasa (4/7) kemarin, kelanjutan kerja sama ditunjukkan dengan adanya peresmian area Toyota baru di Hall Museum Angkut, Jawa Timur Park Group.
Pada kegiatan tersebut dihadiri Toyota dan Jawa Timur Park Group. Diantaranya President Director PT Toyota-Astra Motor, Hiroyuki Ueda, Owner Jatim Park Group Rio Imam Sendjojo, Staf Ahli Jawa Timur Park Group, Ali Muhammad, Direktur Jawa Timur Park Group; Ronny Sendjojo, Staf Ahli Jawa Timur Park Group, Endang Shobirin selaku Manager Operasional Museum Angkut Serta Titik S. Ariyanto, Manager Public Relations dan MarketingJawa Timur Park Group dan jajaran petinggi dari Toyota, Jawa Timur Park Group, dan nominator lomba Toyota Dream Car Art Contest (TDCAC).
Mewakili Direktur Jatim Park Group, Rio Imam Sendjojo mengatakan, area Toyota sudah ada sejak tahun 2018, dan mulai di-upgrade kembali oleh tim Toyota untuk menjadi area yang interaktif bagi pengunjung. “Kemudian pada tahun 2023 ini, Toyota resmi merevitalisasi booth di Museum Angkut dan diberi nama Toyota Terrace (inTERactive gReen spACE) dengan konsep ‘Fun Education and Entertainment’ yang terdiri dari 7 zona,” ujar Rio Imam Sendjojo.
Ia menerangkan, untuk zona pertama ada Eco-Safety Driving Simulator yang merupakan simulasi mengendarai mobil yang ramah lingkungan, di mana pengunjung bisa merasakan pengalaman langsung mengendarai mobil bertenaga bensin ataupun hybrid. Harapannya, pengunjung bisa merasakan perubahan perilaku (behavior) dan pola pikir (mindset) setelah melakukan simulasi tersebut.
“Zona dua ada Eco Mobility Vision yang merupakan gambaran tentang perubahan iklim di dunia dan langkah kecil yang dilakukan Toyota Indonesia untuk ikut berkontribusi menyelamatkan bumi. Ketiga ada Waste Sorting Hub Merupakan edukasi tentang cara pemilahan sampah. Harapannya pengunjung dapat mengurangi pembuangan sampah/limbah di tempat pembuangan akhir, sehingga bisa ikut berkontribusi untuk pengurangan karbon,” bebernya.
Selanjutnya ada Traffic Safety Education yang menawarkan edukasi tentang keamanan berkendara sehingga para pengunjung dan anak-anak pada khususnya sedari dini mendapat informasi yang benar mengenai keselamatan berkendara.
Kelima ada Drive-in Photo Box atau area self photo (selfie) yang mempunyai beberapa pilihan tematik tema menarik. “Kemudian Color Your Car merupakan dream car imagination area. Disini para pengunjung terutama anak-anak bisa mewarnai mobil mereka sesuai apa yang mereka inginkan, dan hasilnya bisa ditampilkan di layar.
Terakhir ada Car Puzzle yang merupakan area fun games, di mana pengunjung bisa menyusun puzzle berbentuk mobil,” ungkapnya.
Bukan hanya itu, Toyota juga memperkenalkan program tempat pembuangan sampah (waste station) di Museum Angkut, Kota Batu. Program Waste Station Toyota terintegrasi dengan aplikasi “Rekosistem”, dengan fitur “Drop- In (Setor Sampah)” yang memudahkan dan mendorong user untuk mengumpulkan/mengirim sampah anorganik ke stasiun sampah Rekosistem terdekat. “Setiap sampah anorganik yang disetor, akan mendapatkan reward berupa koin e-wallet. Dengan sampah yang diterima meliputi kertas HVS, koran, majalah, box, cardboard, minyak goreng bekas, botol PET, botol kaca, botol kaleng, alat elektronik & gadget (laptop, handphone, komputer, televisi, kulkas, AC, DVD player, kipas angin, rice cooker, radio,remote control), wajan, serta bahan-bahan metal lainnya,” urainya.
Di sektor sosial, Toyota fokus pada inklusi sosial masyarakat seperti Eco-safety driving dan salah satu programnya melalui kehadiran booth Toyota di Museum Angkut. Pada kegiatan kemarin juga diwarnai dengan Toyota Dream Car Art Contest (TDCAC) yang mengusung tema “Sustainable Mobility” atau mobilitas yang berkelanjutan dengan tampilan booth yang lebih segar, seru, interaktif, dan berkelanjutan.
Hal tersebut dilakukan karena sejalan dengan perubahan fokus ke arah kontribusi yang bermanfaat melalui kegiatan yang berkelanjutan bagi semua orang. Sehingga tidak hanya mendatangkan manfaat bagi pengunjung tapi juga semua pemangku kepentingan di Museum Angkut.
Apalagi konsep booth Toyota kali ini dikembangkan baik dari sisi konten maupun teknologi digital yang digunakan. Konten-konten yang disajikan juga diselaraskan dengan upaya mendukung Pemerintah Indonesia untuk dapat mengurangi jejak emisi karbon. “Dengan adanya kegiatan ini, kami dari Manajemen Jawa Timur Park Group berterima kasih kepada Toyota atas kerja sama yang terjalin dengan aktivasi upgrade area menjadi lebih interaktif dan adanya Toyota “Waste Station” yang sangat membantu masyarakat dalam program rekosistem. Kami juga berharap akan selalu ada kerja sama yang luar biasa seperti ini antara Jawa Timur Park Group dan Toyota kedepannya,” pungkasnya. (eri/udi)