spot_img
spot_img
Saturday, September 28, 2024
spot_img
spot_img

Lantik Tiga Kades, Diminta Segera Inovasi

Berita Lainnya

Berita Terbaru

MALANG POSCO MEDIA, MALANG- Bupati Malang, HM Sanusi melantik tiga kepala desa (Kades) di Pendopo Agung Kabupaten Malang, kemarin. Yakni Kades Arjosari Kecamatan Kalipare, Imam Mahmudi, Kades Ngijo Kecamatan Karangploso, Jainudin, dan Kades Kalipare Kecamatan Kalipare, Saiful Anwar.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Malang, Eko Margianto menjelaskan bila dua dari tiga Kades yang dilantik, terpilih pada Pilkades Serentak Gelombang Dua tahun 2023 lalu. Yaitu Kades Ngijo dan Kepala Desa Arjosari. “Saat pelantikan, mereka sedang menunaikan ibadah haji,” ujarnya.

Sementara Kades Kalipare, disebutnya merupakan Kades terpilih dalam Pemilihan Antar Waktu (PAW) yang dilakukan 23 Juli lalu. Mantan Camat Dau ini menjelaskan, meskipun terus berupaya melakukan pengisian jabatan Kades, tapi menurutnya masih ada jabatan Kades yang kosong.

“Data kami, saat ini sudah ada empat Kades yang belum terisi. Yakni Desa Ngebruk, Kecamatan Poncokusumo, Desa Palakan Kecamatan Ngajum, Desa Bantur Kecamatan Bantur, dan Desa Gondanglegi Kulon Kecamatan Gondanglegi,” papar Eko, sapaannya kepada Malang Posco Media.

“Kami masih menunggu dari BPD masing-masing desa itu untuk PAW,” ungkapnya. Tapi dia juga memastikan, bahwa PAW tidak bisa dilakukan pada awal November 2023 atau saat dimulainya tahapan Pemilu. “Jika PAW belum dilaksanakan hingga tahapan pemilu dimulai, maka jabatan Kades kosong akan diisi pejabat pengganti,” tegasnya.

Pejabat pengganti ini, dipilih oleh BPD dan diusulkan kepada Bupati Malang. Sementara itu, Bupati Malang, HM Sanusi yang melantik tiga Kades tersebut, memberikan banyak pesan agar tugas mengatur pemerintahan desa bisa berjalan dengan baik. “Jabatan Kades bukan kehormatan, tapi amanah,” ujar Sanusi.

“Lakukan tugas dengan benar dan ikuti aturan yang ada,” pesannya. Mantan Wakil Ketua DPRD Kabupaten Malang ini juga menekankan kepada seluruh Kades, bahwa di era saat ini, semua pelayan masyarakat harus memberikan layanan terbaik, adil dan harus sesuai aturan. “Kumpulkan semua perangkat desa untuk silahturahmi,” pintanya.

Setelah itu, dia meminta Kades mulai melakukan penataan. “Kades juga harus berinovasi, selalu menjunjung tinggi semangat gotong royong, untuk pembangunan Kabupaten Malang lebih maju ke depan agar segera tercipta Malang Makmur,” tandasnya. (ira/mar)

- Advertisement -spot_img

Berita Lainnya

Berita Terbaru

- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img