.
spot_img
Thursday, October 24, 2024
spot_img

Tetapkan Garudeya Batik Khas Kabupaten

Berita Lainnya

Berita Terbaru

MALANG POSCO MEDIA, MALANG- Pemkab Malang meluncurkan batik dengan motif Garudeya, sebagai batik khas Kabupaten Malang. Penetapan batik karya Sumiarsih, seorang perajin batik asal Kecamatan Tumpang itu, bertepatan di peringatan Kemerdekaan ke 78 RI di Pendopo Agung Kabupaten Malang, kemarin.

Batik tersebut memiliki motif yang khas dengan sosok bernama Garudeya yang bersayap dan memiliki kaki dan tangan. Dalam Hindu, Garudeya digambarkan sebagai kendaraan Dewa Wisnu, Sang Pemelihara Alam Semesta.

- Advertisement -

Sosok makhluk mitologi yang kerap digambarkan memiliki kepala, sayap, ekor, bermoncong burung elang, namun dengan tubuh, tangan, dan kaki layaknya manusia. Bupati Malang, HM. Sanusi mengatakan, hak paten segera ditetapkan kepada motif Garudeya setelah diserahkan ke Pemkab Malang.

Setelah ditetapkan sebagai batik khas Kabupaten Malang, ia juga akan meminta hari khusus untuk para Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemkab Malang dapat mengenakan batik Garudeya untuk seragam resmi. “Jadi karya Ibu Sumiarsih akan menjadi manfaat bagi seluruh warga Kabupaten Malang,” tuturnya.

Kedepan, dia akan mengenalkan ke seluruh Indonesia, bahwa motif Garudeya menjadi batik resmi Kabupaten Malang. Menurut mantan Wakil Ketua DPRD Kabupaten Malang tersebut, momen peringatan HUT ke-78 RI merupakan momen yang tepat untuk meluncurkan batik motif Garudeya.

“Ini momen yang tepat di hari kemerdekaan. Ada sebuah karya nyata yang diberikan untuk bangsa ini. Mudah-mudahan yang lain mengikuti untuk lebih baik lagi,” ujarnya. Disinggung mengenai filosofi motif Garudeya, Sanusi mengatakan bila Garudeya terdapat di kompleks Candi Kidal, Kecamatan Tumpang.

Menurutnya, Presiden RI pertama, Ir Soekarno mendapatkan inspirasi lambang Garuda dari Garudeya yang terdapat di Candi Kidal. Selain ditetapkan sebagai batik khas Kabupaten Malang, Sumiarsih telah menandatangani surat perjanjian untuk hak paten motif batik Garudeya diserahkan kepada Pemkab Malang. 

Sanusi membubuhkan tanda tangan dalam surat persetujuan hak paten motif batik Garudeya tersebut. Setelah itu, dia menyerahkan sertifikat hak paten motif batik Garudeya kepada Ketua Dekranasda Kabupaten Malang, Anis Zaidah Sanusi disaksikan Ketua DPRD Kabupaten Malang, Darmadi, S.Sos. (tyo/mar)

- Advertisement -
spot_img
spot_img

Berita Lainnya

Berita Terbaru

- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img