spot_img
Friday, September 20, 2024
spot_img

DPUPR Kota Batu: Pekan Depan Jembatan Pronoyudo Ditutup

Berita Lainnya

Berita Terbaru

MALANG POSCO MEDIA, KOTA BATU – Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kota Batu mulai melakukan perbaikan jembatan Pronoyudo. Jembatan ini merupakan akses jalur alternatif penghubung Kota Batu via Kelurahan Dadaprejo Kecamatan Junrejo dengan Kecamatan Dau Kabupaten Malang.

Hal itu disampaikan oleh Kepala Dinas PUPR Kota Batu Alfi Nurhidayat saat turun langsung meninjau kondisi jembatan Pronoyudo, Selasa (17/9) kemarin. “Pekan ini kami mulai mengerjakan pelebaran jembatan Pronoyudo. Pelebaran jembatan Pronoyudho kami harapkan akan memiliki banyak manfaat dan tentu akan berdampak ekonomi bagi masyarakat,” ujar Alfi kepada Malang Posco Media.

Pelebaran jembatan dilakukan bukan tanpa alasan. Sebelumnya kondisi eksisting jembatan tersebut sangat sempit dan tidak sesuai dengan lebar jalan Pronoyudo. Kondisi ini tentu bisa jadi penghambat aktivitas masyarakat.

“Apalagi jalan ini adalah jalur penghubung antar daerah, yakni dari arah Dau Kabupaten Malang ke Kota Batu atau sebaliknya. Selain itu jalur ini banyak dilalui kendaraan yang mengangkut hasil pertanian, digunakan wisatawan sebagai jalur alternatif pengurai kemacetan dan banyak lagi,” beber Ketua PII Kota Batu ini.

“Untuk target pengerjaan semoga bisa secepatnya selesai dari target kita awal Desember nanti dan bisa segera dimanfaatkan oleh warga masyarakat atau wisatawan yang berkunjung ke Kota Batu. Karena mulai dikerjakan, secara tidak langsung jembatan ini akan ditutup untuk R4 mulai pekan depan demi keselamatan pekerja,” paparnya.

Secara teknis jembatan akan dilebarkan 2 meter dari lebar awal 4,7 meter. Sehingga menjadi 6,7 meter. Sedangkan untuk panjang jembatan tetap 11,4 meter dengan tinggi 8 meter. Anggaran yang disiapkan sebesar Rp 496 juta bersumber dari APBD 2024.

Kemudian untuk perbaikan Jembatan Temas-Pandanrejo, DPUPR akan melakukan perbaikan tiang tengah penyangga jembatan. Anggaran yang disiapkan sebesar Rp 508 juta. (eri/lim)

- Advertisement -spot_img

Berita Lainnya

Berita Terbaru

- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img