spot_img
Friday, September 20, 2024
spot_img

Aktivitas Meningkat, Status Gunung Raung Naik Jadi Waspada

Berita Lainnya

Berita Terbaru

MALANG POSCO MEDIA GROUP – Status Gunung Raung di Jawa Timur (Jatim) akhirnya resmi dinaikkan. Yaitu, dari Level I atau Normal menjadi Waspada atau Level II. Hal ini sesuai Surat Edaran (SE) Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Badan Geologi Nomor 1211.Lap/GL.03/BGV/2024 17 September 2024.

Dalam surat edaran tersebut disampaikan laporan evaluasi aktivitas vulkanik Gunung Raung yang terletak di antara Kabupaten Bondowoso, Banyuwangi dan Jember, itu sedang dalam tingkat aktivitas Waspada atau Level II per 15 September 2024.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bondowoso Sigit Purnomo mengemukakan bahwa saat ini pihaknya masih berkoordinasi dengan Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG).

“Apa benar tidak boleh ada aktivitas radius tiga kilometer? Kami masih berkoordinasi dengan BMKG,” kata Sigit saat dihubungi di Bondowoso, Jawa Timur, Rabu.

SE itu menyebutkan laporan evaluasi tingkat aktivitas Gunung Raung pada periode 1-15 September 2024. Gunung api itu terlihat jelas hingga tertutup kabut dan saat cuaca cerah tidak teramati hembusan gas dari kawah puncak. Cuaca cerah hingga hujan, angin lemah hingga sedang ke arah utara, tenggara dan selatan, sedangkan suhu udara sekitar 17-38 derajat Celcius.

Sementara pengamatan instrumental jenis dan jumlah gempa yang terekam selama 1-15 September 2024 atau selama lima belas hari terjadi 402 kali gempa hembusan, satu kali gempa tektonik lokal, 71 kali gempa tektonik jauh dan 15 kali gempa tremor menerus dengan amplitudo 0,5-2 mm, dominan 0,5 mm.

Dalam pengamatan visual menunjukkan tinggi kolom hembusan gas pada periode ini tidak teramati, diduga hanya terjadi di sekitar permukaan kerucut di dalam kawah.(ntr/nug)

- Advertisement -spot_img

Berita Lainnya

Berita Terbaru

- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img