spot_img
Friday, September 20, 2024
spot_img

Awas Usia Rentan, Rawan Terserang ISPA

Berita Lainnya

Berita Terbaru

MALANG POSCO MEDIA-MALANG- Warga Kota Malang diminta lebih menjaga kesehatannya. Khususnya di musim tanpa hujan seperti saat ini. Pasalnya kasus penyakit Infeksi Saluran Pernafasan (ISPA) merajalela.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Malang, dr Husnul Muarif menjelaskan, setiap harinya dalam beberapa bulan terakhir ini, Dinkes menerima rata-rata 39 kasus ISPA dari puskesmas yang ada di Kota Malang.

“Kasus ISPA mendominasi jumlah laporan penyakit di musim kemarau beberapa bulan terakhir ini,” tegas Husnul saat dikonfirmasi Kamis (19/9) kemarin.

Dijelaskan Husnul menurut laporan kasus dari puskesmas rata-rata lama pengobatan penderita ISPA di Kota Malang 1 hingga 3 hari lamanya. Akan tetapi tidak sedikit juga yang lama pengobatannya hingga satu minggu.

Lama pengobatan tergantung pada kondisi ISPA yang dialami warga. Rata-rata laporan penyakit ISPA adalah gangguan pada saluran pernafasan seperti sesak dan batuk. Akan tetapi jika parah akan mempengaruhi lebih banyak bagian saluran pernafasan.

“Yang terganggu mulai dari hidung ke tenggorokan sakit semua. Itu butuh antibiotik. Pengobatan bisa satu mingguan,” tegas Husnul.

Penyebab warga bisa mudah terserang ISPA adalah lingkungan yang tidak sehat. Karena ISPA disebabkan oleh bakteri atau bahkan jamur. Kualitas udara, lingkungan rumah, lingkungan kerja yang tidak bersih ditambah cuaca kemarau yang kering membuat hidup bakteri lebih lama dan mudah menjangkiti manusia.

Ditambahkan Husnul, rata-rata usia pasien ISPA di Kota Malang adalah didominasi balita hingga warga lanjut usia.

“Paling banyak kasus menjangkiti anak-anak, balita dan lansia. Mereka yang memang rentan,” pungkas Husnul. (ica/aim)

- Advertisement -spot_img

Berita Lainnya

Berita Terbaru

- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img