spot_img
Sunday, September 22, 2024
spot_img

Tambah Traffic Light Adaptif

Berita Lainnya

Berita Terbaru

MALANG POSCO MEDIA, MALANG- Arus lalu lintas di persimpangan jalan yang padat membutuhkan pengawasan khusus. Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Malang dengan keterbatasan petugas lapangan akan menambah jumlah Traffic Light (TL) adaptif untuk mengawasi arus lalu lintas.

Yakni kawasan persimpangan Simpang Ijen Kawi- Jalan Galunggung dan kawasan Jalan Simpang Ijen Kawi-Simpang Dieng (Cyber Mall).

“Ini untuk mendukung sistem pengawasan Lalin Kota Malang menggunaan Area Traffic Control System (ATCS). Dengan ATCS akan mudah mengawasi. Dibutuhkan TL Adaptif di kawasan yang memang padat. Tahun ini ada tambahan lagi pemasangannya di kawasan Simpang Ijen-Kawi, Galunggung dan kawasan Cyber Mall,” papar Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Malang R Widjaja Saleh Putra kepada Malang Posco Media, Jumat (20/9) kemarin.

Persimpangan yang dipasang TL Adaptif ini disebut persimpangan bersinyal. Setiap hari, jika sudah terpasang TL Adaptif akan mengirimkan informasi arus lalin yang bisa dipantau dari jarak jauh dengan ATCS.

Dengan lebih banyaknya kawasan persimpangan jalan dengan TL Adaptif, maka tanpa petugas dilapangan Dishub Kota Malang bisa mengatur arus lalin. Dengan mempercepat maupun melambatkan detik-detik TL tergantung kondisi lalinnya.

“Saat ini dua kawasan persimpangan ini kami akan hitung rencana anggarannya. Supaya tahun depan bisa dianggarkan dan dipasang dan bisa berfungsi TL Adaptifnya,” tegas Jaya. (ica/aim)

- Advertisement -spot_img

Berita Lainnya

Berita Terbaru

- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img