spot_img
Wednesday, October 16, 2024
spot_img

DPRD Pertanyakan Wacana Pembongkaran Halte Buah

Berita Lainnya

Berita Terbaru

MALANG POSCO MEDIA, KOTA BATU – Halte unik berbentuk buah dan sayur di trotoar jalan yang ada di beberapa titik Kota Wisata Batu tak juga dibongkar. Padahal halte yang dikeluhkan warga karena kumuh, kotor dan banyak coret-coretan vandalisme sudah sejak tahun 2023 lalu diwacanakan oleh eksekutif untuk dibongkar. Namun hingga saat ini masih juga belum terealisasi.

Menanggapi hal tersebut, Anggota DPRD Kota Batu, Khamim Tohari angkat bicara. Menurutnya eksekutif harus segera menindaklanjuti wacana pembongkaran halte berbentuk buah yang minim pemanfaatan. 

- Advertisement -

“Sudah banyak warga mengeluhkan halte yang kurang dimanfaatkan sebagai tempat menunggu transportasi umum. Bahkan tidak ada lagi warga yang menunggu angkutan umum di halte karena kotor dan bau,” ujar Khamim kepada Malang Posco Media, Selasa (8/10) kemarin.

Untuk itu meminta agar Pemkot mengambil langkah dengan membongkar halte-halte tersebut dan diganti dengan yang lebih bagus dan terbuka. Hal tersebut agar halte tidak digunakan untuk sesuatu hal negatif atau yang tidak diinginkan.

“Kami harap halte bisa dibongkar dan diganti dengan yang terbuka. Apalagi rencana pembongkaran halte oleh eksekutif sudah disampaikan sejak tahun 2023 lalu,” tegasnya.

Ketika nanti dibongkar, lanjut politisi PDIP Kota Batu, halte lama bisa diganti dengan bangunan yang minimalis dan terbuka. Dengan begitu tidak hanya memiliki nilai seni dan manarik. Tapi menjadi ikon tersendiri bagi Kota Wisata Batu,” harapnya.

Perlu diketahui bahwa tahun lalu, Pemkot Batu dipimpin oleh Asisten 2 Setda Kota Batu, Sugeng Pramono sudah turun lapangan bersama SKPD terkait untuk meninjau halte-halte yang ada di Kota Batu.

Ia menyampaikan bahwa penertiban akan di kaji teknis oleh Dishub untuk memastikan halte mana yang lokasinya berada tepat di atas trotoar. Selanjutnya DPUPR juga akan mengkaji apakah halte bisa digeser atau dibongkar. Sedangkan untuk penempatan atau pembangunan halte baru akan dikaji oleh DLH.

Dari pantauan, halte berbentuk buah tersebut berada di Jalan Ir Soekarno, Jalan Gajahmada, Jalan Panglima Sudirman hingga, di Jalan Brantas Kota Batu. Bentuk halte di tiap titik berbeda-beda. Ada yang berbentuk apel, stroberi, wortel, semangka, jeruk hingga melon. (eri)

- Advertisement -
spot_img
spot_img

Berita Lainnya

Berita Terbaru

- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img