spot_img
Wednesday, October 16, 2024
spot_img

Gigih Hijaukan Alam, Sulaiman Sulang Raih Kalpataru

Berita Lainnya

Berita Terbaru

MALANG POSCO MEDIA, MALANG – Prestasi membanggakan berhasil direbut oleh Arek Malang dalam bidang lingkungan hidup. Kali ini, Sulaiman Sulang seorang Tenaga Kependidikan  SMK Negeri 6 Malang, berhasil mendapatkan penghargaan bergengsi dari Pemerintah Provinsi Jawa Timur yaitu Pelestari Fungsi Lingkungan Hidup (PFLH) atau yang sering disebut Kalpataru, dalam Kategori Pembina Lingkungan.

Penghargaan itu diberikan oleh Pj Gubernur Jawa Timur Adhy Karyono saat Puncak Peringatan Hari Lingkungan Hidup Provinsi Jawa Timur, di Nganjuk, Rabu (9/10) lalu.

- Advertisement -

“Seleksinya ketat, mulai dari seleksi administrasi sampai verifikasi lapangan secara langsung. Saya bersyukur, Kota Malang ada dua yang lolos, saya dan bu Ida Wahyuni. Kompetitornya dari 38 kabupaten kota se-Jawa Timur,” ungkap Sule, sapaan akrabnya kepada Malang Posco Media, Kamis (10/10)

Dengan diraihnya penghargaan bergengsi ini bukti bahwa Sule adalah seorang penggiat yang secara suka rela meluangkan waktunya, tenaganya, maupun pikirannya untuk melestarikan lingkungan hidup. Tidak hanya di SMK Negeri 6 Malang tetapi juga berkontribusi untuk masyarakat sekitar.

Keberhasilan ini menggambarkan kegiatan yang ia lakukan sejak tahun 2011 hingga sekarang. Diantaranya, Gerakan Literasi Lingkungan dengan menulis 20 judul buku bertema lingkungan hidup, menggelorakan pengelolan sampah berbasis sekolah dan masyarakat, hingga menggagas aksi penanaman ribuan pohon buah dan pohon pulai diberbagai kota di wilayah Jawa Timur.

Dengan semangat dan kegigihan, serta konsistensi itu lah, akhirnya dinobatkan oleh Gubernur Jawa Timur sebagai Tokoh Pelestari Fungsi Lingkungan Hidup Kategori Pembina Lingkungan.

“Dengan apresiasi ini tentu menjadi dorongan motivasi serta contoh bagi generasi muda untuk terus melakukan aksi positif untuk kelestarian lingkungan,” tuturnya.

Dikatakannya, program di bidang lingkungan hidup akan terus ia lakukan dan terus berjalan tanpa henti. Seperti baru-baru ini ia menggerakan ratusan peserta untuk menanam pohon buah untuk mensukseskan program FOLU Net Sink 2030 dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI.

“Dalam waktu dekatpun saya mengajak masyarakat untuk menanam di Desa Banjararum Kabupaten Malang,” tutupnya. (ian/aim)

- Advertisement -
spot_img
spot_img

Berita Lainnya

Berita Terbaru

- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img