spot_img
Wednesday, October 16, 2024
spot_img

Isu Mental Health Jadi Topik Hangat; Sam HC-Ganis Sediakan Program Puskesmas Mental Gratis

Berita Lainnya

Berita Terbaru

MALANG POSCO MEDIA, MALANG– Pasangan Calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Malang 2024, Sam HC dan Mbak Ganis kembali menyuarakan program unggulannya. Melalui isu mental health yang saat ini masih panas dibicarakan, palson dengan slogan ‘Lupakan Mantan, Ono Sing Anyar’ ini, kembali menyuarakan pentingnya realisasi program Puskesmas Mental, Selasa (15/10).

Melalui fitur Siaran Langsung (Live) Instagram Mbak Ganis sapaan akrab Ganis Rumpoko, menjelaskan apa itu program Puskesmas Mental. Hal ini didasarkan atas kondisi hari ini, bahwa permasalahan kesehatan mental banyak menjangkit generasi muda Indonesia, khususnya di Kota Malang.

- Advertisement -

“Menjawab itulah, program Puskesmas Mental yang digagas Sam HC-Ganis hadir. Problematika persoalan kesehatan mental makin hari semakin meningkat jumlahnya, program inilah salah satu jalan keluar terbaik,” ujarnya.

Ganis menambahkan, konsep Puskesmas Mental ini akan dilakukan dengan menyediakan Psikolog pada setiap Puskesmas yang ada di Kota Malang. Sehingga masyarakat Kota Malang, bisa mengakses layanan konsultasi mengenai kesehatan mental secara gratis di Puskesmas terdekat.

“Selama ini yang ada yakni psikiater, padahal ini adalah tingkatan lanjutan dari masalah mental health. Seharusnya, sebelum sampai ke tahapan psikiater harus tertangani melalui psikolog. Sekaligus sebagai tindakan preventif bagi masyarakat yang mulai kondisi mentalnya sedang baik-baik saja,” ujarnya.

Satu-satunya kandidat perempuan dalam kontestasi Pilkada Serentak 2024 di Kota Malang, Ganis juga menjadi sosok yang amat dekat dengan generasi milenial dan generasi Z (Genzi). Ia juga mengatakan perempuan memikul peran ganda, sebagai seorang ibu sekaligus juga memperhatikan perekonomian keluarganya.

“Beban ganda perempuan tersebut, kerap menjadikan banyak permasalahan kesehatan mental pada perempuan. Terlebih, ada beberapa permasalahan ekonomi yang akhirnya memicu terjadinya Kekerasan Dalam Rumah Tangga (KDRT),” lanjut Ganis.

Ia juga menggarisbawahi terkait kejadian KDRT, mayoritas korbannya adalah perempuan. Oleh sebab itu pula, pihaknya akan menyediakan safehouse sebagai ruang aman bagi perempuan untuk menyelesaikan persoalan KDRT. “Sehingga perempuan tidak merasa tertekan ketika mencoba menyelesaikan permasalahannya, dan merasa lebih aman dan terjamin selama berada di safehouse ini,” pungkas politisi PDIP ini. (rex/udi)

- Advertisement -
spot_img
spot_img

Berita Lainnya

Berita Terbaru

- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img