spot_img
Wednesday, October 16, 2024
spot_img

Asah Kemampuan Membaca dan Hafal Alquran

Berita Lainnya

Berita Terbaru

MALANG POSCO MEDIA, MALANG – MTs Hasyim Asy’ari Kota Batu terus berinovasi dalam meningkatkan kualitas pendidikan siswa melalui dua program unggulan, yaitu Bimbingan Belajar Quran (BBQ) dan Tahfidzul Quran. Kedua program tersebut dirancang khusus untuk memperdalam pemahaman dan kemampuan siswa dalam membaca serta menghafal Alquran, dengan harapan mereka dapat lulus dengan bacaan yang benar dan baik.

Kepala MTs Hasyim Asy’ari Kota Batu, Kostradi Mudhakir, S.Pd.I. menjelaskan program BBQ dilaksanakan setiap pagi sebelum kegiatan belajar mengajar dimulai. Program ini menggunakan metode Bil Qolam dari Pesantren Ilmu Alquran (PIQ) Singosari.

- Advertisement -

“Metode tersebut sangat efektif dalam membimbing siswa agar mampu membaca Alquran dengan lancar dan tajwid yang benar. Selain itu, tenaga pendidik kami yang terlibat dalam program BBQ juga mendapat pembinaan langsung dari PIQ Singosari secara rutin setiap bulan,” ujarnya kepada Malang Posco Media, Selasa, (15/10) kemarin.

Dijelaskanya, untuk program Tahfidzul Quran dilaksanakan setiap Selasa hingga Jumat pada jam pertama. Program tersebut difokuskan pada penghafalan Alquran dan dibimbing oleh tenaga pendidik yang merupakan para hafidz atau penghafal Alquran. Penerapan program tahfidz ini diharapkan dapat memberikan dasar yang kuat bagi siswa dalam menghafal dan memahami Alquran secara mendalam.

Kostradi juga menyampaikan tujuan dari kedua program tersebut untuk memastikan setiap siswa yang lulus dari MTs Hasyim Asy’ari memiliki kemampuan membaca Alquran yang baik dan benar.

“Kami berharap melalui program BBQ dan Tahfidzul Quran, siswa tidak hanya mampu membaca Alquran dengan lancar, tetapi juga memahami dan menghafalnya dengan baik,” imbuhnya.

Tidak hanya fokus pada pendidikan, MTs Hasyim Asy’ari Kota Batu  juga berhasil mencetak prestasi dalam ajang tartil Alquran tingkat Kota Batu pada tahun ini. Prestasi tersebut menjadi bukti nyata bahwa program-program unggulan yang diterapkan di madrasah tersebut memberikan dampak positif bagi perkembangan siswa.

Dengan keberhasilan tersebut, pihak madrasah berharap program BBQ dan Tahfidzul Quran dapat terus berjalan dengan lancar dan semakin banyak siswa yang mampu membaca serta menghafal Alquran dengan baik.

“Harapan kami, seluruh siswa yang berjumlah 700 siswa yang berasal dari berbagai latar belakang SD dan MI bisa lancar membaca Alquran dan siap menghadapi tantangan di jenjang pendidikan berikutnya,” tandasnya. (hud/aim)

- Advertisement -
spot_img
spot_img

Berita Lainnya

Berita Terbaru

- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img