Malang Posco Media, Malang – Pemerintah Kabupaten Malang termasuk dalam 20 Kabupaten/Kota di Jawa Timur yang menyelenggarakan Layanan Nomor Panggilan Darurat 112. Beragam persiapan pun dilakukan. Tidak hanya sarana dan prasarana, namun juga Sumber Daya Manusia (SDM).
“Betul, Pemkab Malang menjadi salah satu dari 20 Kabupaten/Kota di Jawa Timur yang menyelenggarakan Layanan Nomor Panggilan Darurat 112. Itu sebabnya harus ada persiapan, sehingga saat Layanan Nomor Panggilan Darurat 112 mulai diterapkan langsung berjalan,’’ ungkap Kepala Bidang Persandian & Aplikasi Informatika Diskominfo Kabupaten Malang Gatot Suwardiyono, S.Kom., M.Kom.
Gatot menjelaskan untuk penyiapan SDM, pihaknya telah menggelar bimbingan teknis untuk para perangkat daerah.
“Pekan lalu kami menggelar Bimtek tahap II untuk 17 perangkat daerah di lingkungan Pemerintah Kabupaten Malang. Bimtek ini kami menghadirkan narasumber dari PT Jasnita Telekomindo yaitu bapak Wahyu Prasetyo. Bimtek ini untuk meningkatkan kapasitas Operator Call Center 112 terkait dengan teknis pengoperasian Aplikasi 112,’’ tambah Gatot.
Dia menambahkan saat itu Bimtek tahap II digelar di ruang rapat Diskominfo Kabupaten Malang, Jalan Raya Agus Salim Kota Malang.
Gatot menyebutkan Layanan 112 merupakan salah satu bentuk upaya Pemerintah Daerah dalam mempercepat pertolongan kepada masyarakat yang mengalami kondisi gawat darurat.
“Jadi nanti jika ada kondisi darurat, warga langsung menekan nomor 112 dari ponselnya. Operator terdekat akan memberikan pelayanan dengan cepat,’’ tambahnya.
Dia menyebutkan, saat Bimtek peserta mendapatkan paparan materi yang beragam. Atau berbagai aspek penting layanan darurat 112. Mulai dari pemahaman prosedur operasional call center, penggunaan perangkat lunak dan keras yang ada, hingga strategi pengelolaan situasi krisis dengan efektif.
“Waktu itu selain teori peserta juga praktik langsung mengenai cara menangani panggilan darurat. Hal ini termasuk simulasi penanganan kasus, penggunaan sistem call center, serta teknik komunikasi yang efisien untuk memastikan informasi penting dapat tersampaikan dengan jelas dan cepat,’’ ungkapnya.
Harapanya setiap operator lebih siap dan tanggap dalam menjalankan tugas.(ira/jon)