Saturday, October 11, 2025
spot_img

Tak Sekadar Agency, Tetapi Sebuah Community

Berita Lainnya

Berita Terbaru

MALANG POSCO MEDIA – Generasi muda di Kota Malang kreatif dengan sosial media masing-masing. Mereka tergabung dalam komunitas konten kreator. Salah satunya Network Creators Media (NCreators).

Terbentuk Oktober 2023, NCreators awalnya hanya beranggotakan sekitar 60 anggota saja. Saat ini sudah bertumbuh menjadi 150- an lebih. Semua anggota konten kreator asal Malang Raya.

-Advertisement- HUT

NCreators didirikan di antaranya Yonanda Galuh Puspitasari. Sehari-harinya disapa  Mary Jona.

Jona memiliki pengalaman lebih dari tiga tahun di bidang konten kreator, baik offline maupun online. Komunitas ini terinisiasi saat ada Festival Mbois ke-8.

“Saat itu tahun 2023 ada kegiatan Festival Mbois yang ke-8. Kebetulan saya mendapat tugas dari Malang Creative Fushion (MCF) untuk mengumpulkan teman-teman kreator dan influencer sebagai official influencer untuk event Festival Mbois saat itu,” jelas Jona kepada Malang Posco Media.  

Setelah itulah komunitas ini dibentuk. Dan kini berkembang menjadi sebuah agency konten kreator. Hanya saja Jona menegaskan wadah komunitas lebih penting. Ia merasa dunia konten kreator kini sangat berkembang dan banyak konten-konten kreator pemula yang perlu mempelajari banyak ilmu.

Artinya tidak hanya sekadar mengejar “For You Page” alias FYP dan views hingga likes saja. akan tetapi bagaimana sebuah konten ini bisa membawa kontribusi dan edukatif.

“Di sini lebih ke teman-teman konten kreator yang mau belajar dan organik. Kami menghindari mereka yang suka menyuntik jumlah follower, views dan likes,” papar Jona.

Dijelaskannya sebuah komunitas konten kreator tidak hanya sebagai sebuah agency. Akan tetapi tempat berkumpul dan juga berbagi ilmu alias belajar bersama. Sepengetahuannya, masih ada dua komunitas konten kreator di Malang yakni NCreators dan Komunitas Influencer Malang saja.

Selebihnya, kemungkinan besar hanya sebuag agency yang lebih pada sharing job saja. Di NCreators, seluruh anggotanya sama-sama berbagi dan sharing ilmu.

“Di sini teman-teman lebih banyak membuat konten review. Trennya saat ini konten itu seperti story telling yang bisa merepresentasikan sesuatu. Tetapi kami selalu berpegang pada personal branding. Seorang konten kreator harus memiliki personal branding sendiri,” jelas Jona.

Di sinilah manfaat bergabung dalam komunitas. Karena mereka yang lebih lama malang melintang di dunia konten kreator bisa mengajari apa-apa saja yang diperlukan dan perlu diperhatikan bagi yang baru memulai.

Tidak hanya itu, jika sudah sama-sama berkembang sharing job bahkan sharing klien pun bisa dilakukan. Dengan mudah. Dengan cara yang baik.

“Kami jadi saling memiliki. Bisa seperti saudara sendiri saling belajar. Menambah relasi, bisa saling tukar ilmu dan tukar job bahkan tukar klien. Yang jelas jaringan akan semakin luas. Dan NCreators memang di lingkup Jawa Timur saja tetapi kami juga terjaring di ICCN (Indonesia Creative Cities Network) yang jaringannya seluruh Indonesia,” beber Jona.

Komunitas Konten Kreator seperti NCreators, tambah Jona, akan memberikan kemudahan untuk belajar. Dan mengembangkan ilmu konten kreatif yang terus berkembang. Bisa melakukan evaluasi bersama-sama dan berjejaring semakin luas dengan banyak pihak. (ica/van)

spot_img

Berita Lainnya

Berita Terbaru

- Advertisement -spot_img