Malang Posco Media, Malang – Malang kembali menjadi sorotan industri pariwisata dengan digelarnya PR Smartroom perdana oleh komunitas Parimaya, Rabu (17/9) di Jatim Park 3. Acara yang diikuti 105 peserta dari berbagai hotel, destinasi wisata, hingga perwakilan media ini membicarakan pentingnya media relations serta pemanfaatan kecerdasan buatan (AI) sebagai penunjang produktivitas praktisi komunikasi di sektor tourism dan hospitality.
Parimaya, yang sejak awal berdiri menjadi wadah bagi para praktisi Public Relations (PR), Marcomm, dan hospitality di Malang Raya, ingin menghadirkan ruang belajar sekaligus kolaborasi yang segar. Menurut Ketua Parimaya, Noer Adinda Zaeni, PR Smartroom bukan hanya tentang kelas formal, tetapi juga konsep edutainment yang memadukan edukasi, hiburan, dan networking dalam satu rangkaian acara.

“Latar belakang kegiatan ini tidak lepas dari dinamika dunia komunikasi yang kian berubah cepat. Di tengah gempuran konten digital dari KOL, content creator, hingga media sosial, kehadiran media konvensional seringkali dipertanyakan relevansinya. Namun, media relations tetap menjadi fondasi penting dalam menjaga kredibilitas dan reputasi institusi pariwisata maupun hotel, terutama karena pemberitaan media arus utama masih memiliki efek pada peningkatan kepercayaan publik, backlink yang berdampak pada SEO, serta eksposur yang lebih luas bagi brand,” ujarnya.
Dalam sesi kelas utama bertema “Media Relations & AI as PR Tools”, peserta mendapatkan gambaran nyata bagaimana teknologi bisa menjadi mitra kerja sehari- hari. Andina Paramitha, founder RVare Consulting yang menjadi salah satu pengisi materi, berbagi insight tentang peran AI dalam mendukung produktivitas PR. “Hari ini PR bukan hanya sekadar media handler, tapi sudah berkembang menjadi PR Professional 2.0: data-driven communicator yang mampu mengombinasikan human skill dengan AI tools. Dengan begitu, pekerjaan sehari-hari menjadi lebih efektif sekaligus strategis,” jelasnya.
Acara ini juga mendapatkan dukungan penuh dari Jatim Park Group sebagai venue partner. Titik S Ariyanto, perwakilan JTP Group, menegaskan komitmennya. “Kami selalu mendukung kegiatan positif dari komunitas Parimaya karena sejalan dengan semangat kami untuk memperkuat ekosistem pariwisata Malang Raya. PR Smartroom ini menjadi contoh nyata kolaborasi yang bermanfaat, tidak hanya untuk praktisi komunikasi, tapi juga untuk industri pariwisata secara keseluruhan,” tuturnya.
Tak hanya belajar, peserta juga merasakan pengalaman berbeda. Sejak siang, mereka diajak mengeksplorasi wahana Jatim Park 3 seperti Dino Park dan The Legend Star Park. Aktivitas ini dikemas dalam bentuk kompetisi konten reels yang menambah keseruan. Malam harinya, para peserta diajak menikmati keindahan Aqua Symphony Show sembari berbagi cerita dan menjalin networking santai.
PR Smartroom ini bukan hanya wadah untuk meningkatkan skill anggota Parimaya, tapi juga langkah bersama untuk membawa misi besar, menggaungkan brand image wisata Malang Raya ke level yang lebih luas. Sinergi antara insan hospitality, pariwisata, media, dan stakeholder adalah kunci agar misi ini tercapai.
PR Smartroom diharapkan bisa menjadi agenda rutin yang relevan untuk praktisi PR maupun seluruh ekosistem pariwisata yang ingin beradaptasi dengan era digital. (sam/nda)