MALANG POSCO MEDIA, MALANG – Di era yang serba canggih dengan berbagai kemajuan teknologi bukan hal yang mudah bagi seorang Marketing Communication seperti Gustam Duga yang memegang Rayz UMM Hotel. Dengan era yang semakin maju maka dihadapkan dengan berbagai tantangan seperti beradaptasi dengan perubahan perilaku konsumen yang semakin digital.
Sebagai seorang marketing communication, Pria yang akrab disapa Duga mengatakan tantangan di era saat ini salah satunya bagaimana harus bisa menonjolkan pesan di tengah kebisingan informasi yang tinggi hingga mengelola reputasi online dengan baik.
“Sehingga dalam pekerjaan kita harus senantiasa relevan dengan perkembangan zaman maupun teknologi salah satu kunci untuk dapat mengatasi hal ini yakni dengan meningkatkan efektivitas serta mampu berkembang lebih baik lagi,” ujarnya.
Ia yang senantiasa menyukai kreativitas dan tertarik pada teknologi tersebut memulai karir sebagai sosial media spesialis di salah satu perusahaan F&B di Yogyakarta. Hingga ia memperlebar sayapnya dan memulai mengembangkan karir bekerja di berbagai Hotel termasuk saat ini menjadi Marketing Communication Manager di Rayz UMM Hotel Malang.
“Seorang marketing communication bertanggung jawab besar dalam mengembangkan strategi komunikasi yang efektif salah satunya dalam membangun dan memelihara citra merek. Sehingga tentu hubungan ataupun relasi dalam marketing communication merupakan hal penting untuk membuka peluang baru memperluas jangkauan audien maupun membangun reputasi yang kuat,” terangnya.
Menurutnya penting untuk membangun kepercayaan dengan memberikan nilai tambah, mendengarkan dengan baik serta memenuhi komitmen yang telah dibuat. Ketertarikannya terhadap kreativitas dan teknologi mengantarkannya untuk memulai karir di dunia pemasaran tidak serta merta lancar begitu saja namun penuh dengan berbagai tantangan.
“Saya belajar tentang pemasaran digital bagaimana mengelola kampanye online sampai dengan memahami bagaimana teknologi mempengaruhi cara kami dalam berinteraksi dengan audiens. Dari berbagai hal tersebut mengantarkan saya saat ini untuk bertanggung jawab memimpin tim dalam merancang kampanye komunikasi yang dapat mempengaruhi citra merek dan pertumbuhan penjualan perusahaan,” imbuhnya.
Ia yang memiliki hobi membuat konten traveling membuatnya kini lebih dekat dengan berbagai media sosial terutama Instagram dan juga TikTok dari awalnya hanya mengekspresikan minat kini menjadi salah satu hobi yang senantiasa ia tekuni.
“Ketika mendapatkan respon positif dari pengikut Saya dari sana saya mulai paham bahwasanya kekuatan storytelling dan visual dalam menarik perhatian audience itu sangat penting dan keterampilan ini sangat relevan dengan pekerjaan saya dalam marketing communication,” jelasnya. Ia pun menggunakan pengalamannya dalam membangun konten yang menarik untuk menginspirasi dan terhubung dengan audiens target yang mana pada gilirannya dapat meningkatkan Citra merek dan berpengaruh terhadap perusahaan. Di samping mengembangkan hobi ia juga bisa mengembangkan capaian tujuan bisnis yang lebih besar. (adm/aim)