spot_img
spot_img
Sunday, April 14, 2024
spot_img
spot_img

Mr. Wong

Adaptasi Street Food Hongkong, Masak Langsung di Dalam Claypot

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Malang Posco Media-Tren kuliner di Kota Malang dalam beberapa bulan belakangan ini diramaikan dengan tempat-tempat baru yang mengusung Asian Cuisine. Mulai dari kedai kopi bergaya kopitiam yang berasal dari semenanjung Melayu, hingga street food bergaya Hongkong style. Tak heran jika pecinta kuliner semakin dimanjakan.

Jika kalian penasaran dengan adaptasi menu yang diusung dari streetfood Hongkong style, Mr. Wong bisa jadi pilihan. Kedai yang berada di Jl Kadaka ini spesial menyajikan makanan yang dimasak di dalam claypot.

“Kami mengolah makanan, baik nasi maupun mie, langsung di dalam claypot yang dibakar di atas api. Jadi bukan dimasak di wajan atau panci, lalu disajikan di claypot. Tetapi benar-benar dimasak di dalam claypot,” ujar Achmad Kabir, salah satu owner Mr. Wong pada Malang Posco Media.

Claypot yang digunakan didatangkan dari sentra gerabah Yogyakarta, tepatnya di daerah Kasongan. Bedanya dengan claypot Hongkong adalah dari sisi bahan tanah yang digunakan untuk pembuatannya. Agar tidak pecah saat dipanaskan di atas api langsung, sebelum digunakan, claypot harus direndam selama 24 jam. Proses perendaman ini membuka pori-pori gerabah sehingga saat terkena panas api langsung tetap solid.

Kabir menjelaskan, memasak di atas claypot menghasilkan makanan yang lebih lezat. Selain dari bumbu-bumbu yang digunakan, kelezatan masakannya semakin kuat berkat aroma smoky yang muncul saat proses pembakaran claypotnya. Tak heran meski baru buka hitungan hari, Mr. Wong langsung masuk list kuliner wajib para pecinta kuliner di Malang.

Untuk menu makanan, hanya ada empat sajian yang dihadirkan oleh Mr. Wong. Satu menu nasi dan tiga olahan mie. Menu nasi yang selalu menjadi best seller adalah Bo Zai Fan atau Hongkong Claypot Chicken Rice. Menu ini terdiri dari nasi dengan bumbu gurih manis serta diberi topping jagung, sayur asin, jamur shitake, sosis Cina dan ayam bumbu Ngohiong.

“Proses pemasakan Bo Zai Fan di dalam calypot ini menghasilkan kerak nasi di bagian dasar periuk. Namun justru keraknya ini yang banyak disukai oleh pelanggan karena rasanya lebih gurih dan tekturnya enak saat dikunyah,” sambungnya.

Untuk tiga menu mie, Mr. Wong menghadirkan Claypot Mapo Tofu yakni misoa dengan kuah sapo tahu, Claypot Chicken Curry yakni mie kuning dengan kuah kari, serta Claypot Shui Zu Yu yakni kwetiau dengan kuah sup ikan kakap.

Semua menu makanan yang disajikan oleh Mr. Wong ini dibanderol dengan harga yang sama, yakni Rp 28 ribu/porsi. Meski kental dengan citarasa Hongkong, menu-menu di Mr. Wong halal ya.

Semakin menguatkan identitasnya, Mr. Wong mengusung tempat ala padepokan silat ala Negeri Tirai Bambu. Dari depan, pelanggan akan disambut dengan gerbang bergaya Tiongkok (paifang) dengan dominan warna merah dan hijau. Selain itu, area makan juga dikemas dengan konsep outdoor dan semi outdoor agar gaya street foodnya semakin kental. (nda/mpm)

spot_img

Berita Lainnya

Berita Terbaru

- Advertisement -spot_img