spot_img
spot_img

Akademi Farmasi Putra Indonesia Malang; Berbekal Pengalaman Kerja, Setahun Dapat Gelar Diploma

MALANG POSCO MEDIA, MALANG – Akademi Farmasi Putra Indonesia Malang (AKFAR PIM) kembali menunjukkan komitmen mereka untuk menghasilkan lulusan yang berkualitas. Tidak hanya berkualitas, tapi juga memberikan kesempatan pada lulusannya untuk memiliki karir yang bergengsi. Pada tahun ini, kampus yang berlokasi di Jalan Barito Nomor 5, Kota Malang, kembali membuka program Rekognisi Pembelajaran Lampau (RPL).

Sejak tahun 2021 AKFAR PIM ikut ditunjuk sebagai salah satu penyelenggara program RPL oleh Badan Pengembangan dan Pemberdayaan Sumber Daya Manusia Kesehatan (Badan PPSDM Kesehatan) Kemenkes RI. AKFAR PIM telah meluluskan 34 tenaga kesehatan melalui program RPL tahun 2021 yang tersebar pada berbagai fasilitas pelayanan kesehatan (apotek, rumah sakit, klinik kecantikan) dan distribusi (pedagang besar farmasi). Tidak hanya lulus dari kampus saja, tapi juga lulus dalam Ujian Kompetensi Tenaga Teknis Kefarmasian (UKTTK).

Ketuntasan proses studi dan tingkat kelulusan UKTKK peserta program RPL yang mencapai 100 persen tersebut tidak lepas dari peran para dosen pengampu di AKFAR PIM. “Yang kami salut adalah dedikasi dan loyalitas dosen PIM sangat tinggi. Tidak hanya memiliki kompetensi yang memadai, tapi juga sangat perhatian dan sabar mendampingi proses pembelajaran kami mahasiswa RPL yang notabene sudah senior ini,” ujar Achmad Chusaeri, A.Md. Farm., yang merupakan Manajer Pemasaran PT. Phapros untuk area Jatim, Bali, dan Nusa Tenggara.

Berita Lainnya:  Dosen Berkarya FISIP Universitas Brawijaya; Kembangkan Kopi Dampit, Gandeng Kelompok Tani Panorama

Manfaat dari program RPL ini juga dirasakan oleh Hasan Habibi, A.Md. Farm., yang pada saat mengikuti program RPL di AKFAR PIM bekerja di Apotek Kimia Farma 245 Kota Batu. “Jelas sekali program RPL ini sangat berdampak terutama dalam pekerjaan. Selain ilmu yang nambah, juga dengan titel saya yang Diploma akan mendapat payung hukum dalam menjalankan pelayanan kefarmasian,” ucap lulusan program RPL yang pada awal bulan September 2022 dipercaya untuk menjadi Penangung Jawab Pelayanan BPJS di Apotek Kimia Farma Kepanjen.

Pada kesempatan lain, Koordinator Program RPL Akademi Farmasi PIM, apt. Endang Susilowati, S.Si., M.Farm-Klin menyampaikan terima kasih atas kepercayaan yang diberikan baik dari peserta maupun stakeholder dalam penyelenggaraan program RPL di AKFAR PIM. “Alhamdulillah peserta RPL tahun akademik 2021/2022 di AKFAR PIM berhasil lulus pada UKTTK 2022 dengan tingkat kelulusan 100 persen. Bahkan ada yang mendapat promosi di tempat kerjanya. Ini membuktikan bahwa Tenaga Teknis Kefarmasian dari AKFAR PIM selain kompeten juga memiliki jenjang karir yang baik,” ucapnya.

Berita Lainnya:  Karya Nyata, Lahirkan Lulusan Unggul dan Kompeten

Di tahun 2022, AKFAR PIM kembali membuka pendaftaran Program RPL bagi tenaga kesehatan bidang farmasi yang memenuhi persyaratan yang telah ditentukan. Persyaratan tersebut antara lain tenaga kesehatan yang dikhususkan merupakan lulusan Sekolah Menengah Farmasi (SMF) atau Sekolah Asisten Apoteker (SAA), bukan lulusan SMK Farmasi, dan juga telah menjalankan pekerjaan keprofesiannya di fasilitas pelayanan kesehatan selama lima tahun.
Periode pendaftaran program RPL di AKFAR PIM untuk tahun 2022 berlangsung mulai 27 September 2022 hingga 15 Oktober 2022. (imm)



BERITA LAINNYA