spot_img
Tuesday, May 28, 2024
spot_img

Aksi Kurir J&T Dau Malang Bantu Customer Agar Tidak Tertipu HP Abal-Abal Viral di Media Sosial

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Malang Posco Media – Aksi heroik pengantar paket yang membantu customer agar tidak tertipu dengan HP abal-abal viral di media sosial. Video viral itu pertama kali diunggah oleh akun TikTok @bagoesvlog.

Dalam video seorang kurir sedang mengantarkan paket berisi HP dengan spesifikasi RAM 12 GB dan internal 512 GB. Produk yang dikirim dengan layanan COD itu seharga Rp 1.138.500.

“Bu ini kalau boleh tahu isinya apa ya bu? HP apa? Soalnya kan harganya Rp 1.138.500, ini harganya agak mahal bu,” ujar kurir tersebut.

Lebih lanjut, kurir turut mengedukasi bahwa paket yang dipesan tidak boleh dibuka terlebih dahulu apabila ingin di return atau dikembalikan. Paket yang sudah dibuka tidak boleh dikembalikan.

“Takutnya beli HP yang abal-abal itu bu, penipuan,” tegasnya.

Diketahui paket tersebut merupakan produk yang dibeli oleh cucunya yang saat itu sedang bekerja sehingga kurir bernama Bagoes tersebut meminta untuk menghubungi sang cucu. Dengan dibantu tetangga yang bersangkutan berhasil ditelpon.

“Kalau boleh tahu sampean beli HPnya dimana? Jakarta Barat? Ini kan harganya lumayan ya mbak, aku konfirmasi aja, takutnya isinya gak sesuai,” ujarnya.

“Kalau boleh saran dari saya, itu HPnya gak sesuai karena sudah banyak kasus penipuan yang membeli HP itu. Daripada rugi nyesel karena harganya lumayan ini tak proses return ya, aku bantuin sampean supaya tidak kena tipu,” sambung kurir tersebut.

Akun TikTok @bagoesvlog juga menyarankan agar customer itu membeli handphone di konter-konter terdekat. Sebab HP yang dipesan customer melalui Shopee tersebut tidak sesuai.

Dikonfirmasi Malang Posco Media, Rabu (28/9) pemilik akun TikTok @bagoesvlog merupakan kurir J&T Dau Kabupaten Malang. Pria bernama lengkap Bagus Armanta itu telah menjadi kurir J&T selama dua tahun.

“Saya buat video itu karena sudah sering banget ada kejadian beli sepatu datangnya apa, atau beli produk datangnya gak sesuai. Kasus penipuan HP ini juga sering banget, kebetulan saya buat konten soal penipuan paket ini baru 3-4 bulan,” ujar Bagus.

Sebelumnya Bagus membuat konten seputar kesehariannya mengantar paket dan berbagai seikhlasnya kepada orang yang membutuhkan. Sementara video customer agar tidak tertipu HP abal-abal dikarenakan telah ada customer sebelumnya yang telah tertipu dan tidak sempat ia tolong.

“Waktu itu ada customer tertipu, aku tidak sempat tolong karena customernya tidak jujur. Saat tak tanya katanya isinya bukan HP, jadi dibayar tapi setelah itu ternyata isinya tidak sesuai,” urainya.

Dengan kejadian itu, ia berani menjamin HP yang dibeli seharga Rp 1.138.500, spesifikasi RAM 12 GB dan internal 512 GB itu adalah HP abal-abal. Untuk itu melalui konten yang dibuatnya ia berharap tidak ada lagi masyarakat yang tertipu.

Bagus juga tak ingin apabila uang senilai Rp – jutaan tersebut berujung kekecewaan customer. Apalagi jika uang itu diniatkan untuk membeli HP yang telah dikumpulkan sejak lama.

“Alhamdulilah customernya mau return. Semoga customer lebih teliti, rating tokonya, spesifikasinya, berapa produk yang terjual itu harus teliti, semoga video saya yang viral tersebut bisa bermanfaat dan customer jadi smart buying,” pungkasnya.

Video penipuan HP abal-abal tersebut telah ditonton sebanyak 2,4 juta dengan respon 58,5 ribu komentar dan telah dibagikan sebanyak 14,3 ribu. Sementara video serupa lainnya ditonton sebanyak 5,1 juta.

Bagus Armanto merupakan kurir J&T Dau Kabupaten Malang yang telah bekerja menjadi kurir selama 2 tahun. Setiap harinya ia mengirim 90 – 120 paket dengan cakupan wilayah Smanding, Gadingkulon, Tegalweru, Selorejo, Petungsewu, Kucur, Kuso dan Loandeng Kidul. (lin)

spot_img

Berita Lainnya

Berita Terbaru

- Advertisement -spot_img