spot_img
Saturday, July 20, 2024
spot_img

Alpukat: Teman Tepat untuk Menurunkan Berat Badan

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Malang Posco Media – Buah alpukat menawarkan sejumlah manfaat kesehatan, termasuk kemampuannya untuk mengontrol kadar gula darah dan membantu dalam penurunan berat badan.

Seperti yang dilaporkan oleh Hindustan Times, Kavita Devgan, seorang Ahli Diet dan Konsultan Kesehatan Holistik, menjelaskan bahwa alpukat memiliki indeks glikemik yang rendah, yang berarti konsumsinya tidak menyebabkan lonjakan kadar gula darah.

- Advertisement -

“Hal ini menjadikannya makanan yang baik untuk dimasukkan ke dalam diet penderita diabetes juga. Kedua, alpukat bisa menjadi teman yang tepat untuk menurunkan berat badan,” kata Kavita.

Alpukat adalah makanan yang tidak hanya lezat tetapi juga kaya manfaat. Lemak sehat yang terkandung di dalamnya bersama dengan kandungan serat yang tinggi membuat kita merasa kenyang lebih lama, mengurangi keinginan untuk makan berlebihan.

Alpukat dapat dengan mudah menggantikan bahan-bahan berkalori tinggi lainnya seperti mayones, keju, dan mentega, memberikan tekstur yang lembut dan rasa yang kaya pada makanan, namun tetap memperhatikan kesehatan.

Lebih jauh, buah dengan nama latin Persea Americana ini merupakan sumber lemak sehat bagi vegetarian dan berkontribusi pada kesehatan jantung dengan membantu mengontrol kadar kolesterol.

“Alpukat sarat dengan MUFA (asam lemak tak jenuh tunggal) yang meningkatkan kesehatan dan baik untuk jantung kita. Ditambah lagi buah itu memiliki banyak potasium, mineral yang membantu mengatur tekanan darah dan juga menghasilkan folat, yang sekali lagi merupakan nutrisi kesehatan jantung yang luar biasa,” tambahnya.

Buah alpukat kaya dengan senyawa seperti lutein, beta-karoten, dan vitamin E, menjadikannya sebagai makanan yang bergizi untuk melindungi tubuh dari berbagai penyakit.

Menambahkan alpukat ke salad atau sup berwarna-warni tidak hanya meningkatkan rasa, tetapi juga membantu tubuh dalam menyerap vitamin yang larut dalam lemak, seperti A, D, E, dan K, dengan lebih efisien dari makanan yang kita konsumsi.

Kavita Devgan menyarankan untuk mencoba alpukat dengan cara sederhana namun lezat ini dengan memasukkannya ke dalam makanan Anda:

– Gantikan mayo yang biasa Anda masukkan ke dalam sandwich dengan irisan alpukat atau alpukat tumbuk matang (cocok dengan ayam dan kalkun).

– Memasukkan potongan alpukat sebagai topping makanan.

– Untuk salad yang menarik, kombinasikan irisan alpukat dengan jeruk dan mint segar serta beberapa kenari panggang.

– Hancurkan dengan sedikit perasan jus lemon, oleskan di atas roti gandum panggang dan taburi dengan garam bawang putih, jinten, ketumbar, kapulaga, dan lada putih di atasnya. Campuran ini bisa disimpan di kulkas untuk penggunaan kembali. (ntr/mpm)

- Advertisement -spot_img

Berita Lainnya

Berita Terbaru

- Advertisement -spot_img