spot_img
Saturday, July 20, 2024
spot_img

Annual Art Celebration TK Islam Sabilillah Malang 1, Berwawasan Global, Siswa Tampilkan Budaya Luar Negeri

Berita Lainnya

Berita Terbaru

LINCAH: Anak-anak TK Islam Sabilillah Malang 1 menampilkan seni budaya luar negeri dalam pentas Annual Art Celebration, Jumat (21/6) lalu.

MALANG POSCO MEDIA, MALANG- Bangganya menjadi orang tua siswa TK Islam Sabilillah Malang 1. Jumat (21/6) lalu, anak-anak TKIS mendapat kesempatan tampil di panggung spesial Annual Art Celebration. Kegiatan ini merupakan persembahan siswa Kelompok A untuk kakak-kakak mereka Kelompok B yang akan telah lulus dan akan meninggal sekolah.

- Advertisement -

Tampil lincah dan penuh percaya diri. Ini yang terlihat di acara saat itu. Siswa TK Islam Sabilillah Malang 1 menampilkan karya kreativitas dengan aneka warna. Annual Art Celebration TKIS tahun ini mengangkat tema Step Into The World. Yakni sebagai implementasi dari salah satu dimensi pendidikan Sekolah Islam Sabilillah Malang (SISMA): Pemimpin Negarawan.

“Tahun lalu anak-anak sudah mengangkat tema budaya Nusantara. Menampilkan seni budaya Indonesia. Maka tahun ini kami ajak mereka melangkah ke dunia internasional. Dengan karya yang berkonsep ala-ala luar negeri,” ucap Kepala TK Islam Sabilillah Malang 1, Kurnia Islamiyah, S.Pd.

Meskipun masih kanak-anak, siswa TKIS dibimbing untuk mulai mendapatkan wawasan global. Usia dini mereka telah dikenalkan dengan budaya yang ada di beberapa negara. Karena visi misi pendidikan SISMA menjadikan lulusannya sebagai pemimpin peradaban dunia.

Dan itu telah menjadi komitmen kuat semua satuan unit pendidikan dengan implementasi berbagai program strategis dan terobosan inovatif. Salah satunya oleh TK Islam Sabilillah Malang 1. “Annual Art Celebration telah menjadi agenda rutin kami. Selain untuk memberikan wawasan yang lebih luas pada siswa, juga untuk menjadi mereka lebih terampil, kreatif dan percaya diri,” terang Nia, sapaan akrabnya.

Annual Art Celebration tampak begitu meriah. TK Islam Sabilillah Malang mengemasnya dengan cantik dan kreatif. Siswa tampil dengan mengenakan pakaian dengan aneka warna. Ada yang berbusana ala Timur Tengah, India dan Korea. Juga ada yang ala-ala eropa. Semua tampil penuh percaya diri.

“Kami menilai yang terpenting dalam kegiatan ini adalah anak-anak menunjukkan hasil belajar mereka selama satu tahun. Dan hasil penilaian kami perkembangan motorik mereka sangat bagus dan tumbuh kembangnya terlihat,” jelasnya.

Tema Annual art celebration kali ini berkaitan dengan dimensi Negarawan. Salah satu dari dimensi pendidikan di SISMA. Tujuannya menumbuhkan kecintaan anak pada negaranya dan berjiwa patriot namun juga berwawasan global. “Sehingga kelak mereka mencintai Tanah Airnya tapi menghargai budaya negara lain,” ungkapnya.

Kecintaan siswa TKIS kepada budaya global disampaikan melalui gerak dan lagu dalam Annual Art Celebration. Ada enam tampilan dari enam negara. Acara ini juga sekaligus pisah kenang. Anak Kelompok A memberikan persembahan untuk anak kelompok B. Mereka menyanyikan sebuah lagu dengan memberikan bunga kepada kakak kelasnya. Demikian sebaliknya juga ada persembahan siswa Kelompok B untuk guru dan orang tua. (imm/sir/udi)

- Advertisement -spot_img

Berita Lainnya

Berita Terbaru

- Advertisement -spot_img