spot_img
Monday, June 24, 2024
spot_img

Apple Rilis iOS 18 untuk iPhone, Hadirkan Beragam Peningkatan Fitur

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Malang Posco Media – Apple secara resmi mengumumkan kehadiran iOS 18 pada ajang Worldwide Developers Conference (WWDC) 2024, menawarkan berbagai peningkatan fitur untuk iPhone.

Pertama adalah Apple Intelligence, yang merupakan dorongan kecerdasan artifisial (AI) perusahaan, tersedia untuk perangkat yang didukung oleh chip A17 dan semua seri chip M.

Alat AI ini membantu mengatur notifikasi, menulis ulang teks, proofreading, dan merangkum teks. Aplikasi Mail juga mendapatkan saran Balasan Cerdas dan kemampuan untuk menampilkan email prioritas di bagian atas kotak masuk.

Apple menekankan bahwa AI mereka “didasarkan pada informasi dan konteks pribadi Anda” dan dapat merujuk pada apa yang pengguna lihat di layar. Namun dengan Apple AI hadir “privasi yang kuat”, berkat pemrosesan di perangkat. Artinya, AI mengetahui data pribadi pengguna tetapi tidak mengumpulkan data.

AI Apple juga memungkinkan pengguna membuat gambar yang sesuai untuk percakapan berdasarkan foto profil teman. Sketsa, ilustrasi, dan animasi adalah tiga gaya di mana pengguna dapat membuat gambar menggunakan Image Playground Apple, yang dibangun di banyak aplikasi bawaan, tetapi juga tersedia sebagai alat mandiri. Setiap gambar dibuat di perangkat.

Selanjutnya terdapat “Genmoji” yang merupakan emoji AI generatif. Pengguna dapat membuat genmoji berdasarkan gambar seseorang dan AI memungkinkan untuk mencari gambar dan video menggunakan bahasa alami.

Ada pula Clean Up, yakni penghapus AI Apple yang membantu pengguna menghilangkan orang dan objek yang tidak diinginkan di foto.

Memories memungkinkan pengguna membuat cerita video dengan hanya mengetik deskripsi. Alat ini menggunakan pengenalan bahasa dan gambar untuk memilih foto dan video terbaik berdasarkan deskripsi, dan bahkan memberi saran lagu yang sesuai.

Pengguna juga dapat merekam, mentranskripsikan, dan merangkum audio di aplikasi Notes dan Phone. Jika pengguna merekam panggilan telepon, peserta akan diberi tahu, dan setelah selesai pengguna akan mendapatkan ringkasan.

Apple Intelligence menggunakan model bahasa besar dan difusi. Private Cloud Compute memungkinkan menggunakan model berbasis server untuk kueri yang lebih kompleks. Server ini menawarkan privasi dan keamanan iPhone, karena mereka tidak pernah menyimpan data pengguna.

Penginkatan besar datang pada Siri. Asisten ini memiliki tampilan baru dan dapat memahami bahasa alami lebih baik. Siri juga mengingat konteks percakapan, dan sekarang pengguna dapat mengetiknya. Pengguna juga bisa bertanya tentang fitur iOS.

Selama “setahun ke depan”, Siri akan mendapatkan kesadaran layar, dan pengguna akan dapat menggunakannya untuk mengoperasikan aplikasi.

Kesepakatan Apple dengan OpenAI juga nyata, jadi sekarang pengguna mendapatkan ChatGPT di iOS 18, yang dapat diakses melalui Siri. ChatGPT juga diintegrasikan ke dalam alat penulisan sistem.

ChatGPT akan datang “akhir tahun ini” jadi mungkin tidak tersedia saat peluncuran atau setidaknya tidak saat beta pertama iOS 18 keluar.

iOS 18 juga hadir dengan fitur kustomisasi lebih banyak dari sebelumnya. Pengguna bisa lebih banyak menyesuaikan layar beranda, termasuk meletakkan sesuatu di grid dalam urutan apa pun, mengubah warna ikon aplikasi untuk melengkapi wallpaper, dan Pusat Kontrol sekarang juga lebih dapat disesuaikan.(ntr/nug)

spot_img

Berita Lainnya

Berita Terbaru

- Advertisement -spot_img