spot_img
Monday, February 26, 2024
spot_img

Apresiasi dan Harapan Besar Warga, Ada di Pundak Pj Wali Kota Batu

Berita Lainnya

Berita Terbaru

MALANG POSCO MEDIA- Elemen masyarakat, pelaku usaha dan ASN di Kota Batu menilai kinerja Pj Wali Kota Batu, Aries Agung Paewai bagus selama setahun menjabat. Dengan perpanjangan jabatan Pj selama setahun ke depan ada banyak harapan yang digantungkan pada  pundak Kepala Dinas Pendidikan Jatim ini.

Beberapa harapan tersebut seperti permintaan agar pengelolaan sampah tuntas tahun ini, meramaikan Pasar Induk Among Tani Batu sebagai pusat perekonomian dan masih banyak lagi.

Salah satunya Priyanto, warga RT/RW 01 Dusun Krajan Kidul Desa Tlekung Kecamatan Junrejo Kota Batu. Ia mengapresiasi pola baru penanganan sampah di Kota Batu. Khususnya di TPA Tlekung. 

“Kebijakan Pj Wali Kota Batu terkait pengelolaan sampah sangat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat. Salah satunya kebijakan mengenai penanganan pengelolaan sampah TPA Tlekung yang dirasa oleh masyarakat lebih baik dari sebelumnya,” paparnya.

Menurut Priyanto sejak tiga bulan yang lalu bau yang ditimbulkan dari Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Tlekung sudah tidak menganggu warga setempat. “Sebelum-sebelumnya bau sampah mengganggu warga ke seluruh kampung. Tetapi sejak tiga bulan lalu baunya sudah berkurang. Kalau dulu bau sekali,” ujar Priyanto.

Pun petugas pengangkut sampah disebut pria usia 44 tahun ini lebih tertib mengambil sampah dengan cara berkeliling. Dikatakan Priyanto, biasanya dua orang petugas menggunakan satu unit mobil pengangkut sampah berkeliling.

“Sekarang lebih tertib pengambilan sampah. Seminggu tiga kali di setiap dusun. Kalau sebelumnya hanya seminggu sekali. Bahkan saat ini kebijakan pemerintah mengharuskan setiap desa/kelurahan mengelola sampahnya sendiri,” ungkapnya.

Pedagang pracangan di Pasar Induk Among Tani Kota Batu, Sugeng Riyadi mengaku senang dengan kondisi pasar tradisional yang baru beroperasi beberapa bulan lalu. Pun fasilitas yang ada disebutnya baik dan kebersihan selalu terjaga.

“Kondisi fasilitas pasar sekarang lebih bagus dari sebelumnya. Kebersihan juga terjaga. Lebih bersih sekarang. Toilet tercukupi dan bersih. Ini berkat kebijakan Pj Wali Kota Batu, Pak Aries Agung Paewai yang rutin berkunjung ke Pasar Induk,” ujar warga Jalan Mawar Putih Gang 8 Kelurahan Sidomulyo Kecamatan/kota Batu tersebut.

Tidak hanya itu, Sugeng juga mengapresiasi adanya kebijakan bagi ASN yang wajib belanja di Pasar Induk Among Tani Batu setiap tanggal 17 di setiap bulannya. “Dengan adanya kebijakan itu tentunya membuat transaksi jual beli di Pasar Induk semakin ramai,” imbuhnya.

Sementara itu, Dirut Jatim Park 3, Suryo Widodo selaku pelaku usaha di Kota Batu mengatakan kinerja Pj Wali Kota Batu selama ini sudah bagus. Dengan perpanjangan jabatan, ia ingin kinerja itu bisa dipertahankan dan ditingkatkan.

“Menurut saya kinerja Pj bagus. Karena selama setahun mampu melanjutkan dan mengawal program yang telah ada,” ujar Suryo.

Dengan perpanjangan jabatan Pj Wali Kota Batu, Suryo berharap ke depan agar lebih banyak mengadakan diskusi dengan masyarakat untuk memaparkan program Pemkot Batu tahun 2024.

“Sehingga masyarakat ikut mengawal dan memberikan masukan. Berdiskusi dengan masyarakat, beliau akan mengerti permasalahan yang ada di masyarakat dan mencari solusi,” bebernya.

Disisi lain, Suryo juga menilai bahwa permasalahan yang ramai di Kota Batu seperti pengelolaan sampah di TPA Tlekung dan Banjir di Bumiaji bukanlah kesalahan dari Pj Wali Kota Batu.

“Kayak sampah kan juga bukan kesalahan beliau. Begitu juga banjir. Semua pasti ada sesuatu yan salah di masa lalu. Namun beliau bisa cepat mengambil kebijakan untuk menyelesaikannya,” ungkap Suryo.

Dari sudut pandang pejabat Pemkot Batu, diungkap Kepala DPUPR Kota Batu, Alfi Nurhidayat bahwa kepemimpinan Pj Wali Kota patut dicontoh para pejabat di Pemkot Batu.

“Satu hal yang pasti, bahwa Pak Pj ini banyak turun ke lapangan bersama kita untuk memastikan infrastuktur di Kota Batu dalam kondisi mantap. Baik dalam mendukung pariwisata, dalam mendukung peningkatan kesejahteraan masyarakat dan dalam mendukung perekonomian Kota Batu yang terus bertumbuh,” ujar Kepala DPUPR Kota Batu, Alfi Nurhidayat.

“Di mata kami, beliau sangat respon ketika ada laporan masyarakat. Ini adalah hal luar biasa karena pemimpin mampu memberi contoh sosok pemimpin yang mengayomi dan bisa mejadi teladan bagi pejabat di Pemkot Batu,” imbuhnya.

Untuk itu ke depan Ia berharap Pj Wali Kota Batu tetap seperti sebelumnya. Yakni selalu turun ke lapangan bersama menyelesaikan masalah di lapangan agar tahu apa yang dibutuhkan masyarakat di lapangan.

“Bahkan beliau tidak hanya turun, tapi memastikan ketersediaan anggaran untuk eksekusi kegiatan tersebut. Karena tanpa dukungan anggaran semua tidak bisa dikerjakan. Terlebih beliau selalu mendukung kita agar bisa memberikan yang terbaik bagi masyarakat,” kata Ketua PII Kota Batu ini.

Ditambahkan oleh Kepala Diskominfo Kota Batu, Onny Ardianto bahwa perubahan positif terjadi di segala lini selama setahun dibawah kepemimpinan Pj Wali Kota Batu, Aries Agung Paewai.

“Selama setahun dipimpin Pak  Pj Wali Kota Batu, Pak  Aries Agung Pewai terdapat banyak perubahan-perubahan positif di jajaran birokrasi. Seperti motivasi beliau dalam mendorong inovasi ke semua SKPD agar sampai ke jajaran eselon tiga dengan satu eselon tiga inovasi,” ujar Onny kepda Malang Posco Media.

Selain itu kepemimpinan Aries, lanjut dia, mampu dilakukan percepatan pelaksanaan program prioritas yang berhasil didorong agar bisa terlaksana dengan baik. Mulai dari penanganan stunting hingga penanganan kemiskinan.

“Beliau juga memberikan contoh yang sangat baik bagi ASN. Bahkan sering turun ke lapangan untuk melihat kondisi masyarakat secara langsung, apalagi apabila terjadi bencana beliau secara langsung memimpin penanganan bencana,” bebernya.

Dengan perpanjangan jabatan Pj Wali Kota Batu, pihaknya berharap  bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan mewujudkan Kota Batu sebagai sentra pariwisata, pertanian dan UMKM unggulan di Jawa Timur dan Indonesia.

Ketua DPRD Kota Batu, Asmadi menilai perpanjangan jabatan Pj Wali Kota Batu mendapat dukungan penuh dari DPRD Kota Batu. Bahkan Asmadi berharap selama perpanjangan masa jabatan satu tahun ke depan, sinergitas eksekutif di bawah Pj Wali Kota Batu Aries Agung Paewai semakin ditingkatkan.

“Pertama kami ucapkan selamat dengan perpanjangannya masa jabatan satu tahun ke depan. Kami berharap di tahun Pemilu ini sinergitas eksekutif dengan legislatif di bawah kepemimpinan beliau tetap terjalin dengan baik,” ujar Asmadi.

Dengan komunikasi yang tetap berjalan baik, Asmadi ingin setiap ada permasalahan di masyarakat yang disampaikan ke legislatif bisa cepat disampaikan dengan segera. Untuk selanjutnya bisa segera mendapat respon dari eksekutif.

“Apalagi kami juga menyuarakan usulan dari masyarakat melalui pokir yang telah kami serap dari masyarakat bisa terealisasi dengan maksimal di tahun ini. Tentunya agar pokir bisa terealisasi maksimal harus ada komunikasi dan sinergi yang baik dengan pemerintah,” tandasnya. (eri/van)

spot_img

Berita Lainnya

Berita Terbaru

- Advertisement -spot_img