spot_img
Saturday, July 13, 2024
spot_img

Arab Saudi Tuan Rumah Piala Dunia 2034

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Malang Posco Media – Presiden FIFA, Gianni Infantino, mengumumkan melalui unggahan di akun Instagramnya pada hari Selasa (31/10) bahwa Arab Saudi telah dipilih sebagai tempat penyelenggaraan Piala Dunia 2034.

“Pertunjukan terbesar di bumi (Piala Dunia) akan diselenggarakan di Kanada, Meksiko dan Amerika Serikat pada 2026 di Amerika Utara. Dua edisi FIFA World Cup berikutnya akan diselenggarakan di Afrika (Maroko) dan Eropa (Portugal dan Spanyol) dengan tiga pertandingan perayaan dimainkan di Amerika Selatan (Argentina, Paraguay dan Uruguay) pada 2030 dan Asia (Arab Saudi) pada tahun 2034,” tulis Gianni Infantino.

Arab Saudi menjadi satu-satunya calon yang tersisa untuk menjadi tuan rumah Piala Dunia 2034 setelah Australia memutuskan untuk mencabut pencalonannya sebagai tuan rumah.

“Proses penawaran (tuan rumah) disetujui melalui konsensus oleh Dewan FIFA – di mana keenam konfederasi diwakili – setelah dialog konstruktif dan konsultasi ekstensif. Terima kasih kepada semua orang yang telah berpartisipasi dalam pertukaran positif ini,” kata Infantino.

Sebelumnya, FIFA telah membuka kesempatan bagi wilayah Asia dan Oseania untuk menjadi tuan rumah Piala Dunia secara bergilir setelah menunjuk Maroko, Spanyol, dan Portugal sebagai tuan rumah bersama untuk tahun 2030.

Indonesia pun sempat menggali peluang untuk mencalonkan diri sebagai tuan rumah Piala Dunia 2034, dengan salah satu opsi adalah menjadi tuan rumah bersama dengan dua negara lain, yaitu Australia dan Arab Saudi.

Namun, kemudian, Indonesia melalui Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) memutuskan untuk memberikan dukungan kepada Arab Saudi dalam pencalonan mereka sebagai tuan rumah.

Dengan pemberitahuan yang diumumkan oleh Presiden FIFA Gianni Infantino mengenai Arab Saudi sebagai tuan rumah Piala Dunia 2034 maka benua Asia untuk kali ketiga akan menyelenggarakan Piala Dunia setelah sebelumnya diselenggarakan di Korea Selatan dan Jepang pada tahun 2002 serta di Qatar pada tahun 2022.(ntr/mpm)

spot_img

Berita Lainnya

Berita Terbaru

- Advertisement -spot_img