spot_img
spot_img

Aries Agung Paewai Masuk Calon Pj Walikota Batu Usulan Gubernur Jatim

Sekdaprov Adhy: Keputusan Mutlak Pj Terpilih Ada di Tangan Mendagri

Malang Posco Media, SURABAYA – Tiga nama calon Pj Walikota Batu periode 2022-2024 usulan Gubernur Jatim, diam-diam sudah dikirim ke Kemendagri, medio November 2022 lalu.

Ketiga nama itu antara lain Aries Agung Paewai (Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Jatim, Pulung Chausar Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Kadispora) Jatim dan Indyah Aryani Kepala Dinas Peternakan (Kadisnak) Jatim.

Dikonfirmasi soal di atas, Sekdaprov Jatim Adhy Karyono,membenarkan. Tetapi, siapa nama yang bakal ditunjuk sebagai Pj Walikota Batu, sepenuhnya ada ditangan Mendagri Tito Karnavian.

Aries Agung Paewai Masuk Calon Pj Walikota Batu Usulan Gubernur Jatim | Berita Malang Hari Ini | Berita Malang Raya, Aremania, Aremanita | WhatsApp Image 2022 12 02 at 15.19.11
MASA 18 BULAN: Sekdaprov Adhy Karyono (baju batik) berharap Pj Walikota Batu terpilih bisa kerja keras dan membawa perubahan untuk kota Batu. (MPM-HARY SANTOSO)

“Iya. Iya (berkas) sudah dikirimkan. Sekarang tinggal menunggu siapa yang disetujui Mendagri,” tandas Adhy kepada Malang Posco Media usai Sholat Jumat di Masjid Baitul Hamdi Pemprov Jatim, Jumat (3/12) siang.

Dikatakan Adhy, seleksi untuk menjadi Pj Walikota Batu terpilih sangat ketat dan berat. Meskipun masa jabatannya cukup pendek, tetapi Mendagri akan sangat selektif sebelum menjatuhkan pilihannya.

Berita Lainnya:  Konsisten Tambah Penanaman Investasi, Raih Investment Awards 2022

Tidak hanya persoalan administrasi saja, lanjit Adhy, tetapi rekam jejak si calon pun akan diteliti sangat detail.

“Nah, BIN (Badan Intelejen Negara) yang punya tugas untuk itu (meneliti rekam jejak calon),” ujar mantan pejabat di Kemensos ini.

Ditambah Adhy, bagi pejabat terpilih diharapkan bisa membawa perubahan untuk Kota Wisata Batu. Karena status Pj memiliki kewenangan penuh seperti layaknya Walikota terpilih.

“Dan yang lebih utama lagi, dia punya tugas menyiapkan pelaksanaan Pilkada serentak 2024,” pungkas Adhy dengan menyebutkan SK definitif Pj Walikota Batu diharapkan sudah turun sebelum 27 Desember 2022.

Sementara itu dihubungi terpisah, Aries Agung Paewai enggan berkomentar terkait munculnya nama dia dalam usulan calon PJ Batu oleh Gubernur Jatim.

Berita Lainnya:  Pengamat: Pengunduran diri Kusnadi tindakan "gentle man"

Aries justru bersikap seolah tidak tahu soal penunjukkan dirinya.

“Wis enggak mungkin. Karena kalau ada apa-apa pasti ibu gubernur ngajak ngomong dulu,” kilah Aries.

Sementara itu dari ketentuan 9 calon Pj Walikota Batu yang dipilih Mendagri, kini sudah ada enam nama. Tiga nama dari DPRD Kota Batu antara lain Kadinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Jatim Hudiyono, Sekda Kabupaten Malang Wahyu Hidayat, dan Sekda Kota Batu Zadim Efisiensi.

Sementara tiga nama lainnya menjadi hak prerovatif Mendagri. Bisa saja yang diusulkan pejabat dari pusat, bisa juga dari daerah lainnya.

Sesuai data yang dihimpun MPM di Pemprov Jatim menyebutkan, surat usulan Penjabat Walikota Batu dituangkan dalan SK Gubernur nomor 131/43706/011.2/2022 tertanggal 14 November 2022 yang diteken Gubenur Jatim Khofifah Indar Parawansa. (has)

BERITA LAINNYA