spot_img
Monday, June 24, 2024
spot_img

Aries: Upaya Eratkan Persaudaraan Lima Sekolah Matra

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Dinas Pendidikan Jatim Gelar SMAN Taruna Creative Camp 2024

MALANG POSCO MEDIA, KOTA BATU – SMAN Taruna Creative Camp I sukses digelar di Kota Batu, Selasa (21/5) kemarin. Kegiatan yang diikuti 1.046 siswa SMA Negeri Taruna se-Provinsi Jawa Timur ini mampu menyedot puluhan ribu penonton.

Keluar sebagai juara SMAN 5 Taruna Brawijaya dengan menyisihkan empat SMA Taruna lainnya yaitu, SMAN Taruna Nala Malang, SMAN 3 Taruna Angkasa Madiun, SMAN 5 Taruna Brawijaya Kediri, SMAN 2 Taruna Bhayangkara Banyuwangi dan SMAN 1 Taruna Madani, Pasuruan.

Setidaknya ada lima bidang yang di lombakan yakni Kreasi Baris Berbaris (LKBB), lomba Drumband, lomba Esport, lomba Debat Bahasa Inggris, dan lomba Binsik/ tes kesegaran jasmani. Ajang yang baru pertama kali digelar ini diikuti 1.046 peserta dari lima sekolah Taruna Negeri di Jawa Timur.

Kepala Dinas Pendidikan Jatim, Aries Agung Paewai mengatakan acara yang diselenggarakan pertama kalinya itu dalam rangka memperingati Hari Pendidikan Nasional. Selain itu menjadi ajang perlombaan antar tim SMAN Taruna untuk menunjukkan potensi mereka dalam bidang pendidikan akademik maupun kesamaptaan.

“Total ada ribuan siswa SMAN Taruna di Jatim yang berpartisipasi untuk mengikuti lima perlombaan,” ujar Aries kepada Malang Posco Media dengan menyebutkan SMAN Taruna Creative Camp I ini merupakan wadah bagi para siswa untuk mengembangkan potensi mereka. Serta menunjukkan bakat mereka di berbagai bidang.

“Kami berharap acara ini dapat meningkatkan semangat belajar dan berprestasi para siswa, serta mempererat tali persaudaraan antar SMAN Taruna se-Jawa Timur,” bebernya.

Selain itu, diungkap Aries jika acara ini untuk memperkenalkan bahwa di Jatim ada SMA yang mendidik generasi muda yang siap untuk berkompetisi di kancah internasional. “Juga menyiapkan calon pemimpin bangsa yang akan menjadi kepala daerah, menteri dan Insya Allah, Presiden ke depan,” imbuhnya.

Pj Wali Kota Batu ini juga mengumumkan bahwa akan ada satu lagi SMAN Taruna Matra Pemerintahan SMA Pamong Praja yang akan dibangun di Bojonegoro. Hal ini merupakan wujud komitmen pemerintah untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Jawa Timur.

Selain menjadi wadah bagi siswa taruna dalam menggali prestasi dan menunjukkan bakatnya, kegiatan ini juga menjadi kesempatan dalam mengenalkan SMAN Taruna yang ada di Jawa Timur.

“Bahkan menjadi satu-satunya sekolah taruna yang ada di Indonesian yang memiliki kerjasama dengan empat matra yaitu Matra AL, matra AU, matra AD, dan matra Polri. Tentu ini menjadi kebanggaan tersendiri bagi Jawa Timur,” rinci Aries.

Pj Wali Kota Batu ini juga menyebut ajang ini menjadi kesempatan untuk menjalin persaudaraan erat antar matra. Di samping itu momen ini dinilai Aries juga bagus untuk meningkatkan prestasi para siswa taruna, tentunya dalam mengukur prestasi siswa agar siap berkompetisi di tingkat nasional dan global.

“Karena ini tahun pertama digelar, dan masih lima lomba, harapan kita semakin banyak lomba diikuti. Tahun depan kita rencanakan ada 10 bidang yang dilomba,” jelasnya.

Tak hanya itu, Aries juga berharap pada giat STCC ditahun depan, dapat membuka kesempatan dengan mengundang SMA Taruna di Indonesia, seperti SMA Taruna Magelang. “Mudah-mudahan ini menjadi dampak bagus dalam meningkatkan prestasi mereka,” pungkas mantan Kepala BPSDM Jatim ini. (adv/eri/has)

spot_img

Berita Lainnya

Berita Terbaru

- Advertisement -spot_img