spot_img
Monday, February 26, 2024
spot_img

Asam Folat: Kunci Nutrisi bagi Ibu Hamil dan Bayi yang Sehat

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Malang Posco Media – Kehamilan adalah momen yang penuh kebahagiaan bagi setiap wanita. Selama periode ini, menjaga kesehatan ibu dan bayi adalah prioritas utama.

Salah satu elemen kunci yang perlu diperhatikan adalah asam folat, jenis nutrisi yang memiliki peran vital dalam mencegah cacat lahir pada otak dan saraf bayi. Nutrisi ini bisa didapatkan dari Blackmores Folic, yang akan kita bahas lebih lanjut di bawah ini.

Apa Itu Asam Folat?

Asam folat, bentuk sintetis dari folat atau vitamin B9, telah terbukti bisa memberikan kontribusi besar dalam pengembangan sel-sel tubuh dan reproduksi DNA. Ini membuatnya menjadi komponen esensial dalam pembentukan sistem saraf pada janin yang sedang berkembang.

Saat hamil, kebutuhan akan asam folat meningkat, dan mengonsumsinya dalam jumlah yang memadai sebelum dan selama kehamilan dapat memberikan perlindungan tambahan terhadap cacat lahir yang berhubungan dengan otak dan tabung saraf.

Menurut pedoman kesehatan, wanita hamil disarankan untuk mengonsumsi sekitar 600 mikrogram (mcg) asam folat setiap hari. Jumlah ini dapat membantu mencegah risiko cacat lahir dan mendukung pertumbuhan yang sehat pada janin.

Sumber Asam Folat yang Dianjurkan

Untuk memenuhi kebutuhan asam folat, wanita hamil sebaiknya mengonsumsi makanan yang kaya akan nutrisi ini. Sayuran hijau seperti bayam, brokoli, dan kacang polong merupakan sumber alami asam folat yang sangat baik. Selain itu, biji-bijian, jeruk, dan produk-produk gandum juga dapat menjadi pilihan yang baik.

Berikut adalah beberapa manfaat asam folat bagi ibu hamil yang perlu diketahui:

1. Mencegah Cacat Tabung Saraf

Asam folat memainkan peran kunci dalam pembentukan tabung saraf bayi. Risiko cacat tabung saraf, seperti anensefali dan spina bifida, dapat dikurangi dengan mengonsumsi asam folat yang cukup. Anensefali, yang menyebabkan kelahiran tanpa otak, dan spina bifida, kelainan pada tulang belakang, dapat dicegah dengan asupan asam folat yang memadai.

2. Mencegah Keguguran dan Gangguan Kehamilan

Asupan asam folat harian sebelum dan selama kehamilan dapat membantu mencegah keguguran. Selain itu, ada bukti bahwa asam folat dapat menurunkan risiko kelahiran prematur dan gangguan pertumbuhan janin di dalam kandungan.

3. Menurunkan Risiko Preeklamsia

Ibu hamil yang mendapatkan cukup asam folat sejak trimester kedua kehamilan memiliki risiko lebih rendah untuk mengalami preeklamsia. Preeklamsia adalah komplikasi serius yang dapat meningkatkan tekanan darah, menyebabkan bengkak, dan meningkatkan risiko eklamsia, kejang berbahaya selama kehamilan.

4. Mencegah Anemia

Asam folat juga berperan dalam mencegah anemia selama kehamilan. Anemia dapat menyebabkan komplikasi yang mengancam nyawa bagi ibu dan bayi. Dengan memastikan asupan asam folat yang mencukupi, risiko anemia dapat dikurangi.

Konsumsi Asam Folat: Sumber dan Suplemen

Untuk memenuhi kebutuhan asam folat, Anda dapat mengonsumsi makanan yang kaya akan nutrisi ini, seperti buah-buahan, sayuran, kacang-kacangan, hati sapi, telur, dan sereal yang telah difortifikasi asam folat. Selain itu, suplemen kehamilan atau asam folat dapat menjadi pilihan untuk memastikan asupan yang cukup.

Penting untuk berkonsultasi dengan dokter kandungan sebelum mengonsumsi suplemen kehamilan atau melakukan perubahan signifikan dalam pola makan.

Dokter dapat memberikan panduan yang sesuai dengan kondisi kesehatan dan kebutuhan spesifik setiap ibu hamil. Ibu hamil juga perlu menjalani pemeriksaan kandungan rutin untuk memantau perkembangan janin dan mendeteksi masalah kesehatan dengan cepat.

Konsumsi asam folat saat hamil adalah langkah cerdas untuk mendukung kehamilan yang sehat dan memberikan landasan kuat bagi pertumbuhan janin yang optimal. Dengan perhatian yang tepat terhadap nutrisi, ibu hamil dapat memastikan kesehatan diri dan masa depan anak yang sedang dikandung.

Blackmores I-Folic adalah suplemen kesehatan yang dirancang khusus untuk membantu memenuhi kebutuhan nutrisi ibu hamil dan mereka yang merencanakan kehamilan. Dengan formulasi yang mengandung asam folat dan yodium yang tinggi, produk ini menawarkan sejumlah manfaat yang penting bagi kesehatan ibu dan perkembangan janin.

Dengan kandungan 500 mcg asam folat dan 150 mcg yodium per tablet, Blackmores I-Folic memberikan dosis harian optimal yang bermanfaat untuk mendukung perkembangan otak, penglihatan, dan pendengaran bayi.

Asam folat, khususnya, memainkan peran kunci dalam mengurangi risiko bayi terkena cacat tabung saraf, seperti spina bifida.

Menariknya, kini Anda bisa dengan mudah mendapatkan produk Blackmores I-Folic dari Blibli. Blibli, sebagai marketplace terpercaya, memberikan kemudahan dalam bertransaksi online, memiliki pilihan produk terlengkap, serta rajin memberikan promo dan diskon.

Belanja kebutuhan apapun di Blibli sangat mudah. Anda cukup duduk di rumah, memilih produk, melakukan pembayaran, dan barang pesanan Anda akan diantar ke rumah. Jadi jangan ragu untuk berbelanja di Blibli.

Temukan produk suplemen asam folat terbaik untuk ibu hamil hanya di Blibli dan nikmati banyak kemudahannya.(*/adv)

spot_img

Berita Lainnya

Berita Terbaru

- Advertisement -spot_img