spot_img
Tuesday, April 16, 2024
spot_img

Atraksi Pangkalan MAN 2 Kota Malang Pukau Undangan Apel HUT Pramuka

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Malang Posco Media, Malang – Atraksi gugus depan 01.007-01.008, pangkalan MAN 2 Kota Malang menjadi pembuka Apel HUT ke-62 Pramuka di depan Balai Kota Malang, Sabtu (19/8) pagi tadi. Atraksi yang memadukan ketangkasan dalam tali temali, Prusiking, semaphore dan rapling memukai para peserta dan undangan yang hadir di Balai Kota Malang, termasuk Wali Kota Malang Sutiaji dan Ketua DPRD Kota Malang I Made Rian Diana Kartika.


Dengan cekatan anggota Pramuka pangkalan MAN Kota Malang yang membawa beberapa bilah bambu merangkai cekatan dengan tali temali yang kompak, sehingga membentuk segitiga menara sebagai sarana untuk prusiking dan rapling. Sebagian anggota naik di masing-masing bambu yang telah diikat, dan satu anggota perempuan naik menggunakan prusiking. Yakni menaiki tali dari bawah ke atas menggunakan dua buah tali kecil (prusik).

Prusik merupakan nama sebuah simpul tali yang digunakan untuk menjerat tali karmantel ketika dibebani tanpa merusak karmantel. Selain itu simpul prusik juga mudah untuk dilepas. prusiking digunakan ketika tebing yang kita panjat hampir tidak memiliki pijakan atau menaiki jembatan dengan tali. Yang lain memainkan semaphore dengan membentuk rangkaian kalimat Selamat Hari Ulang Tahun Pramuka ke 62. Semuanya ditampilkan dengan kompak cekatan.


“Luar biasa, mantab dan kompak,” ujar Ketua DPRD Kota Malang I Made Riandiana Kartika yang menyaksikan atraksi dari Pramuka MAN 2 Kota Malang di Balai Kota Malang.


Tepuk tangan pun membahana dari para undangan dan peserta apel Hari Pramuka di Kota Malang, usai menyaksikan atraksi para anggota Pramuka pangkalan MAN 2 Kota Malang.


Wali Kota Malang Sutiaji pun memberikan tepuk tangannya, usai anggota Pramuka MAN 2 Kota Malang putri turun dengan rapling, kepala di bawah dan kaki di atas dengan bantuan tali yang diikat di atas menara bambu.


Menurut Pembina Pramuka MAN 2 Kota Malang Faisal Yudha K, Pramuka tidak hanya mengajarkan kemandirian, tetapi juga mengajarkan kekompakan, kesolidan antarsesama anggota Pramuka. Pramuka memberikan banyak kenangan berharga, memberikan banyak pengalaman.


“Pramuka memberikan kita arti bagaimana cara untuk melakukan sesuatu dengan cepat dan ilmu yang diberikan Pramuka sangatlah bermanfaat untuk kita. Ini yang tersaji dalam atraksi yang kami lakukan bersama tadi,” ungkapnya.


Selain atraksi dari MAN 2 Kota Malang, ada juga tarian dari Prasiaga TK Selaras Cita, ada kreasi tarian dari SDN Gadang 4 dan lainnya. Termasuk menari bersama semua Pramuka Garuda dan undangan. (aim)

spot_img

Berita Lainnya

Berita Terbaru

- Advertisement -spot_img